CARA MEMBUAT TELUR ASIN DENGAN PAKET MESIN TELOR ASIN



Paket Mesin Produksi Telur Asin
 
produksi-telur-asin-praktis

Bisnis telur merupakan salah satu usaha rumahan yang cukup menguntungkan. Hal ini karena sebagian besar masyarakat Indonesia masih memilih telur sebagai bahan makanan favorit yang memiliki kandungan protein tinggi. Beberapa macam telur yang dapat digunakan untuk memulai usaha baru, dan beberapa cara pula untuk memasarkannya. Telur sendiri juga dapat digolongkan menjadi kebutuhan utama, karena memang kandungannya yang baik untuk tubuh dan juga banyak manfaatnya. Jika anda lihat, akan sangat mudah anda menemui telur dimanapun anda berada. Di pasar lokal saja pasti anda menemukan telur dengan berbagai macam jenis. Ada telur bebek, telur ayam, telur puyuh dan juga telur olahan lainnya. Usaha telur dengan jenis apapun dari unggas adalah sangat menguntungkan, karena permintaan pasar akan telur unggas terus meningkat setiap tahunnya. Dan jika dilihat lebih detail lagi, telur juga merupakan bahan makanan utama untuk hampir semua menu makanan. Yang digunakan untuk menu makanan seperti putih telur, atau kuning telur. Dapat diolah menjadi masakan, atau untuk bahan baku pembuatan kue. Sebelum memulai bisnis dengan komoditi telur, hal apakah yang harus diperhatikan agar mendapatkan keuntungan yang maksimal? Selain pengamatan pasar akan telur yang dibutuhkan, anda juga harus memperhatikan dari segi pengertian telur terlebih dahulu. Karena jika anda mengetahui dahulu komoditi yang akan anda gunakan untuk usaha, maka anda akan lebih paham jika mengalami kendala saat bisnis tersebut sudah berjalan. Pengetahuan dasar mengenai telur pun dibutuhkan agar pengolahan usaha dengan komoditi telur berjalan lancar. Dibawah ini akan dijelaskan secara sederhana mengenai pengertian telur secara umum.

Telur adalah zigot yang dihasilkan melalui fertilisasi sel telur dan berfungsi memelihara dan menjaga embrio. Telur telur reptil dan juga burung di selimuti kerak pelindung, yang memiliki pori pori agar hewan yang belum lahir tersebut dapat bernafas dengan lancar. Sebenarnya hampir semua jenis telur dapat dimakan, tetapi hanya beberapa jenis telur saja yang lazim untuk dimakan, baik sebagai lauk-pauk maupun sebagai obat. Jadi tidak semua telur yang dapat dikonsumsi dan dapat anda lihat di pasaran, tetapi hanya beberapa jenis telur dari semua jenis telur yang ada yang dapat dikonsumsi secara lazim. Telur yang biasa di konsumsi antara lain telur yang berasal dari unggas seperti ayam, bebek, angsa dan beberapa jenis burung seperti burung unta dan burung puyuh. Lebih kebanyakan adalah telur dari unggas, karena selain lebih mudah untuk di budidayakan, juga untuk dari segi cara mendapatkan pun tidak terlalu sulit. Selain itu peminat dari telur unggas sangatlah banyak di semua kalangan, sehingga anda tidak perlu mengkhawatirkan lingkup pasar mana yang akan anda tuju. Sebagai bahan makanan, telur mempunyai kandungan gizi yang cukup lengkap, meliputi karbohidrat, protein dan delapan macam asam amino sehingga berguna bagi tubuh, terutama bagi anak-anak yang masih berada dalam masa pertumbuhan. Kandungan omega 3 pada telur ayam dapat ditingkatkan melalui pemberian pakan bersuplemen kaya omega-3 yang peningkatannya dapat mencapai enam hingga sepuluh kali lipat dibanding tanpa suplementasi. Adanya peningkatan komponen lemak yang dalam telur tidak mempengarhui kualitas telur yang dihasilkan. Apakah itu saja untuk kandungan dan juga manfaat telur bagi tubuh? Tentu tidak. Di bawah ini akan dijelaskan terlebih dahulu untuk beberapa jenis telur yang sering di konsumsi dan banyak permintaan untuk produsen untuk dipenuhi. 

Semua unggas berkembang biak dengan cara bertelur. Ukuran dari telur unggas pun berbeda beda. Semakin besar ukuran dari unggas, maka akan semakin besar pula ukuran dari telurnya. Meski komponen gizi yang terkandung pada masing masing telur adalah sama, tetapi jumlahnya saja yang berbeda. Berikut ini adalah beberapa jenis telur unggas yang ada dan yang juga tidak ada di pasaran negara Indonesia. 

1. Telur ayam negeri
Jenis telur ayam negeri biasa dikonsumsi oleh masyarakat, meskipun banyak jenis telur lain seperti telur bebek, telur angsa, atau telur burung puyuh yang juga dapat dikonsumsi. Dapat juga dibilang telur ayam negeri adalah jenis telur dengan peminat paling banyak diantara jenis telur lainnya. Suplai telur tidak ada jeda, rata-rata sekitar 1.000 triliun (1012) telur dikonsumsi setiap tahunnya. Setiap orang di planet ini mengonsumsi 200 butir telur tiap tahun. Telur ayam negeri memiliki beberapa ciri khas yaitu berat sekitar 40-50 gram dengan warna cangkang cokelat gelap hingga terang. Cara penyajian yang paling sering untuk jenis telur ayam negeri atau aplikasi penggunaan telur ayam negeri sangat banyak. Dapat digoreng atau direbus dengan berbagai model penyajian, dan dapat digunakan sebagai ingridien atau bahan baku untuk baking kue.

2. Telur ayam kampung
Telur ayam kampung memiliki ukuran yang lebih kecil dan warna yang lebih putih dari telur ayam negeri, dari segi harga pun lebih mahal. Telur ayam kampung masih banyak diminati selain telur ayam negeri meski tidak sebanyak peminat telur ayam negeri dan dicitrakan sebagai telur yang lebih sehat, enak, dan juga segar. Citra sehat melekat mungkin karena ayam kampung lebih banyak memperoleh pangan alami (Boga, 2006). Secara penampakan atau ciri ciri dari telur ayam kampung, kuning telur ayam kampung terlihat lebih kuning (kuning keemasan atau lebih ke warna oranye) bila dibandingkan dengan telur ayam negeri, hal ini sering dikait kaitkan dengan kualitas kandungan gizi, khasiat, serta rasa yang lebih baik dari telur ayam kampung. Per 100 gram telur ayam kampung mengandung 174 kalori, 10,8 gram protein, 4,9 mg zat besi dan 61,5 gram retinol. Jika dibandingkan dengan telur ayam negeri, tentu lebih unggul telur ayam kampong. Cara penyajian telur ayam kampong kurang lebih sama dengan telur ayam negeri, telur ayam kampung dapat disajikan dengan berbagai metode seperti digoreng, atau direbus. Di Indonesia telur ayam kampung biasanya juga dikocok bersama jamu untuk minuman kesehatan. Anda juga tidak sulit jika ingin mencari telur ayam kampong di pasar lokal, karena sangat banyak pengusaha yang juga membudidayakan telur dari jenis ayam kampung.

3. Telur bebek
Telur jenis ini memiliki ukuran yang lebih besar dari telur ayam dan lebih kecil dari telur angsa. Sedangkan warna dari telur bebek adalah putih, hampir sama dengan warna dari telur ayam kampung. Telur bebek dikenal dengan ciri khas gurih, menyehatkan dan juga serba guna. Cangkangnya yang lebih tebal dibanding telur ayam, membuat daya simpan telur bebek sedikit lebih lama dari telur ayam yakni sekitar 6 minggu (suhu refrigerator). Jika dibandingkan untuk ditaruh di kulkas, tentu telur bebek jauh lebih awet dibandingkan dengan telur ayam. Persentase kuningnya lebih banyak dari putihnya. Apapun dapat dilakukan dengan telur bebek, sama seperti jika menggunakan telur ayam. Telur bebek lebih kental daripada telur ayam, jika dimasak dan matang, tekstur telur bebek agak kenyal. Telur bebek juga dapat digunakan sebagai bahan baku dalam pembuatan atau proses baking kue. Kandungan proteinnya yang tinggi, membuat cake yang menggunakan telur bebek mengembang dengan sempurna. Tidak heran jika telur bebek juga menjadi pilihan utama para pengusaha kue agar hasil cake atau roti yang di produksi mengembang dengan sempurna. Kandungan lemaknya yang agak tinggi juga berkontribusi pada rasa dan warna pada produk. Jika dilihat dari segi bisnis,Cost production atau biaya produksi juga dapat ditekan jika menggunakan telur bebek, karena dua telur ayam adalah setara dengan 1 telur bebek, maka untuk segi bahan baku dapat diganti dengan 1 telur bebek. Telur bebek mengandung 130 Kalori, cukup tinggi bila dibandingkan dengan kalori sebuah telur ayam yang berukuran besar yakni 80 kalori. Satu telur bebek mengandung 205% kebutuhan gizi harian untuk kolesterol, dan 18% kebutuhan gizi harian protein. Setiap 100 gram telur bebek mengandung vitamin B6, B12, dan A yang jumlahnya sama seperti telur ayam. Cara penyajian untuk telur bebek tidak jauh beda dengan telur ayam yaitu digoreng, direbus, dan diawetkan dengan metode pengasinan. Dan tidak jarang juga telur bebek dicampur dengan jamu untuk kesehatan.

4. Telur Puyuh
Telur burung puyuh termasuk yang paling unik dari segi bentuk, dibandingkan dengan jenis telur lainnya. Selain bentuknya yang paling kecil, permukaan dari telur berbintik, dan cangkangnya sedikit sulit untuk dibuka jika dari beberapa sisi. Berlimpah vitamin dan juga kandungan mineral yang dibutuhkan untuk tubuh. Berat telur puyuh kira kira 10 gram nilai biologinya 3-4 kali lebih tinggi dari telur ayam. Mengandung 13% protein, 140 µg vitamin B1, serta vitamin A dan B2 yang jumlahnya 2 kali lebih banyak dari telur ayam. Kandungan Iron dan Potasiumnya juga 5 kali lebih banyak dari telur ayam. Meski lebih kecil dari ukuran, ternyata telur puyuh juga tidak kalah jika dilihat dari kandungan gizi nya. Cara penyajian telur puyuh sama dengan jenis telur lainnya yaitu dengan cara direbus, digoreng, dan dipanggang. Tidak sedikit juga sekarang ini banyak yang memulai usaha baru dengan komoditi telur puyuh, untuk dibikin kue, atau untuk tambahan menu makanan. Karena peminat telur puyuh juga banyak di beberapa kalangan masyarakat. Selain itu anda tidak akan cukup hanya dengan memakan satu butir telur puyuh saja, karena memang rasanya yang unik dan juga bentuknya yang kecil. Memungkinkan untuk memakan telur puyuh dalam jumlah yang banyak pula. Jenis telur puyuh ini juga tidak sulit untuk dibudidayakan, karena permintaan pasar akan telur puyuh juga selalu meningkat setiap tahunnya.

5. Telur Angsa
Telur angsa ukurannya lebih besar dari telur bebek, dengan ciri khas berwarna putih bersih dengan rasa yang lebih unik dibandingkan dengan rasa dari telur ayam. Telur angsa yang di rebus akan memiliki 20 gram protein, besi dan juga vitamin A. Kandungan kolesterol telur angsa sekitar 1227 mg, memenuhi 409% kebutuhan gizi harian untuk kolesterol. Meski tidak semua pasar lokal menyediakan jenis telur angsa ini, tetapi masih tidak begitu sulit untuk mendapatkan telur jenis ini karena masih banyak juga yang membudidayakannya untuk dijual di pasaran. Harga dari telur angsa jauh lebih mahal dibandingkan dengan telur bebek karena dari proses budidaya yang juga biaya tinggi, serta waktu dari panen yang tidak secepat dari telur ayam. Di Indonesia sendiri, telur angsa lebih banyak dimanfaatkan cangkangnya untuk dibuat kerajinan. Cara penyajian telur angsa lebih banyak direbus, dibuat omelet, dan juga cocok untuk membuat puding, sebagai lauk atau bahan tambahan pada nasi goreng. Tidak menutup kemungkinan juga jika anda menginginkan untuk memulai bisnis dengan komoditi telur angsa, karena memang harga jual dari telur angsa yang cukup tinggi. Meski tidak dijadikan kebutuhan utama untuk telur angsa sendiri, tetapi tidak sedikit juga peminat telur jenis ini untuk lauk pauk dan juga bahan tambahan dari menu makanan. Untuk rumah makan dan juga hotel yang merupakan lingkup pasar tinggi yang membutuhkan telur dari angsa.
            Bisnis telur asin juga tidak kalah saing dengan bisnis peternakan telur, karena permintaan pasar akan telur asin juga terus meningkat tiap tahunnya. Meski ada beberapa langkah untuk proses produksi telur asin, dan juga dengan cara tradisional yang memakan waktu agak lama, tetapi telur asin juga banyak dipilih sebagai peluang usaha baru, karena harga jual yang tinggi berdasarkan permintaan pasar yang ada. Sebelum membahas mengenai usaha dengan komoditi utama telur asin, kita harus lebih tahu terlebih dahulu tentang telur asin itu sendiri. Telur asin adalah istilah umum untuk masakan berbahan dasar telur yang diawetkan dengan cara diasinkan (diberikan garam berlebih untuk menonaktifkan enzim perombak). Kebanyakan telur yang diasinkan adalah telur itik, meski tidak menutup kemungkinan untuk telur-telur yang lain. Telur asin baik dikonsumsi dalam waktu satu bulan (30 hari). Di Indonesia, terutama di pulau Jawa telur asin biasanya diproduksi dash telur bebek pelari (Anas platyrhynchos domesticus) yang memiliki ciri khas cangkang telur yang berwarna biru. Panganan ini bersifat praktis dan dapat dipadukan dengan berbagai masakan misalnya nasi jamblang, dan nasi lengko, bahkan dapat pula dimakan tanpa nasi. Nelayan yang melaut atau orang yang bepergian untuk waktu lama biasa membawa telur asin untuk bekal. Di Jawa Tengah, daerah Brebes dikenal sebagai penghasil utama telur asin. Industri telur asin di Brebes cukup meluas hingga tersedia berbagai pilihan kualitas telur asin. Masing-masing produsen memiliki cap sendiri-sendiri yang biasanya dapat dilihat pada kulit telur. Walaupun selera orang berbeda-beda, telur asin yang dinilai berkualitas tinggi memiliki ciri-ciri bagian kuning telur berwarna jingga terang hingga kemerahan, "kering" (jika digigit tidak mengeluarkan cairan), tidak menimbulkan bau amis, dan rasa asin tidak menyengat. Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Telur_asin
            Telur asin juga mempunyai manfaat yang bagus untuk tubuh. Meski terdapat peringatan untuk tidak mengkonsumsi telur asin terlalu banyak, tetapi telur asin tetap memiliki beberapa manfaat yang sangat berguna bagi tubuh. Terdapat beberapa manfaat yang bisa dibahas pada artikel ini. Selain untuk peluang usaha, anda juga harus mengetahui manfaat dari telur asin yang akan anda produksi. Berikut adalah beberapa manfaatnya.
1.      Memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh
Telur asin yang berasal dari telur bebek mengandung gabungan dari protein, lemak, dan juga karbohidrat. Sebutir telur bebek mengandung 9 gram protein berkualitas yang dapat digunakan oleh tubuh untuk menunjang sistem kekebalan dan juga menjaga kulit agar tetap sehat. Dengan demikian, jika anda memakan telur bebek sebutir, anda akan terpenuhi 15% protein yang dibutuhkan oleh tubuh orang dengan berat badan rata rata 68 kg, dan juga mengandung 9,6 gram lemak yang menjadi sumber energi, serta 1 gram karbohidrat.
2.      Kaya akan vitamin yang baik
Telur bebek akan meningkatkan asupan vitamin dan menyediakan cukup banyak vitamin A dan B12 pada tubuh. Vitamin A sangat baik untuk membantu bentuk sel sel baru di dalam tubuh dan juga menjaga kesehatan mata. Sedangkan vitamin B12 di dalam telur bebek bermanfaat untuk menjaga saraf agar tetap sehat dan meningkatkan fungsi sel darah merah. Selain itu, telur bebek juga mengandung vitamin B kompleks, vitamin D dan juga vitamin E.
3.      Meningkatkan daya tahan tubuh
Telur bebek termasuk salah satu makanan yang bergizi karena memiliki kandungan selenium dan juga zat besi. Selenium menunjang fungsi kekebalan tubuh tetap sehat dan dapat membantu memproduksi hormon tiroid. Sedangkan zat besi membantu sel darah merah untuk mengalirkan oksigen dan berperan penting untuk memproduksi energi.
Meski ada beberapa manfaat yang sangat berguna bagi tubuh, tetapi perlu diperhatikan untuk porsi yang dimakan. Dikarenakan telur bebek juga terkenal akan kandungan kolesterol yang tinggi, sehingga konsumsi telur bebek atau telur asin ini harus dibagasi. Tiap butir telur mengandung 619 miligram kolesterol, yang berarti dua kali lebih tinggi dari batas harian yang direkomendasikan, atau tiga kali lebih tinggi dari batas yang boleh dikonsumsi oleh pengidap darah tinggi atau pengidap penyakit jantung. Porsi berlebihan akan menyebabkan darah tinggi, asupan garam yang tinggi juga dapat memperburuk penyakit ginjal, dan memicu serangan asma serta osteoporosis. Boleh boleh saja untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung telur asin, asal porsi harus dibatasi. Tidak terlalu sering juga disarankan, karena mengingat juga dengan tingkat kolesterol yang terkandung pada tiap butir telur nya. Jika dalam tubuh anda sudah mempunyai tingkat kolesterol yang tinggi sebaiknya hindari memakan telur asin, karena tidak akan membawa manfaat bagi tubuh, justru akan sebaliknya.
            Setelah mengetahui manfaat dari telur asin, anda pun dapat menjadikan referensi untuk peluang usaha baru, dalam memproduksi telur asin untuk komoditi utama usaha anda. Karena penggemar dari telur asin sendiri juga tidak sedikit, dan juga tiap hari nya selalu dibutuhkan untuk menu makanan atau untuk sebuah acara. Untuk produksi telur asin, dengan maju nya teknologi sekarang ini, kami pun menyediakan paket mesin khusus untuk memproduksi telur asin sehingga waktu produksi akan lebih singkat, dengan tidak mengurangi kualitas dan rasa dari telur asin itu sendiri. Tentunya telur asin yang akan dihasilkan juga tidak kalah kualitas dan rasa dari yang sudah ada di pasaran. Di bawah ini merupakan keterangan dari beberapa mesin dari paket mesin produksi telur asin.
1.    Mesin Pencuci Telur atau mesin pembersih telur
Mesin pertama untuk pengolahan produksi telur asin adalah mesin pencuci telur. Setelah diambil dari panen di peternakan, tentunya masih banyak telur yang masih kotor karena menempel pada kotoran unggas, dan juga dari tempat asal yang tentu tidak terjaga kebersihannya. Maka dari itu untuk langkah pertama dalam pengolahan produksi telur asin adalah membersihkan telur yang akan diolah, sehingga hasil dari telur asin pun dapat langsung diolah ke tahap selanjutnya, dan juga akan langsung bersih. Untuk mesin pengolahan telur berupa proses pencucian ini juga dapat digunakan untuk jenis telur lainnya, seperti telur ayam kampung dan telur ayam negeri, berbeda di tempat penampungan bahannya, karena bentuk dari beberapa jenis telur unggas yang berbeda. Proses praktis pada mesin pencuci telur ini akan lebih memudahkan anda dalam mencuci telur anda, khususnya untuk anda yang ingin mengolah telur dalam proses pencucian dengan jumlah banyak per proses nya. Mesin ini tersedia dalam dua tipe, untuk proses pencucian 50 telur dan juga 100 telur, dengan wadah penampungan telur untuk besar kecilnya ditentukan dari kebutuhan pengguna mesin. Jika anda membutuhkan kapasitas yang lebih besar, tentu kami dapat membuat mesin tersebut dengan kapasitas penampungan bahan baku sesuai dengan yang anda butuhkan. Semisal untuk 200 telur unggas, atau lebih. Dengan proses membersihkan sampai dengan 90% lebih dan sudah dicoba banyak pengusaha telur di beberapa daerah di Indonesia. Untuk waktu pencucian sendiri tidak membutuhkan waktu lama, sehingga anda dapat mengolah banyak telur per hari nya untuk di cuci bersih. Di bawah ini adalah spesifikasi mesin pencuci telur yang dijelaskan secara sederhana.

mesin-cuci-telur-asin
Mesin pembersih telur unggas adalah salah satu mesin pengolahan telur dengan sistem membersihkan dengan cara cepat dan praktis. Body mesin terbuat dari stainless steel, meski terkena air pun tidak akan berpengaruh karena anti karat dan tentu akan membuat ketahanan mesin akan lama. Untuk penggerak yang digunakan adalah dinamo listrik, karena membutuhkan proses pencucian dengan kecepatan stabil, sehingga semua bagian dari telur akan diproses pencucian secara maksimal. Untuk proses pencucian sendiri sangat mudah, anda tinggal memasukkan telur bebek atau telur ayam ke dalam wadah penampungan bahan, lalu tutup bagian atas mesin sebelum proses pencucian dimulai. Lalu nyalakan mesin pembersih telur unggas dan dengan air pencucinya, lalu mesin akan bergerak secara berkala seperti proses spin atau berputar. Terdapat sikat khusus yang ikut berputar sehingga akan membersihkan bagian dari telur yang masih kotor. Untuk proses membersihkan telur secara maksimal, anda perlu membalikkan bagian telur atau bagian bawah telur, sehingga setelah proses kedua, seluruh bagian telur akan bersih dari kotoran dan juga debu dari luar. Perkiraan waktu untuk membersihkan telur per proses mesin dari 5 sampai dengan 10 menit dan dilakukan dua kali proses jika anda membutuhkan proses pembersihan telur dari bagian atas sekaligus bagian bawah telur. 

2.    Mesin pengkukus telur atau oven pengukus bahan
Mesin selanjutnya untuk proses pengolahan telur asin adalah mesin pengkukus telur, dengan proses penguapan yang cocok untuk mengkukus telur. Dengan sistem wadah penampungan bahan dengan rak, sehingga anda dapat menata telur tersebut dengan cara berjejer, dan jumlah telur yang dapat ditampung pun akan banyak per proses mesinnya. Proses kukus telur diperlukan karena sebelum ke proses pengasinan telur, dibutuhkan telur matang dengan proses kukus. Berbeda dengan cara tradisional, karena dengan menggunakan mesin pengkukug telur ini anda dapat mengolah langsung banyak telur di satu tempat, dan pengawasan pun akan jauh lebih mudah. Proses pengukusan juga menjadi lebih cepat, karena beberapa fitur khusus yang tersedia pada mesin ini. Tersedia pula dalam beberapa kapasitas produksi atau dilihat dari wadah penampungan bahannya, sehingga anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan pengolahan produksi telur asin anda. Dibedakan dari jumlah rak nya, mulai dari kapasitas kecil yaitu 4 rak, sampai dengan kapasitas besar yaitu 24 rak. Proses pengukusan juga diperlukan karena akan merubah struktur dari bagian dalam telur menjadi padat, dan dapat diasinkan. Waktu untuk pengukusan akan ditentukan dari kontrol suhu yang merupakan salah satu fitur dari mesin pengkukus telur ini. Meski bahan baku yang diolah banyak, tetapi jika suhu yang digunakan pas, tentu akan mempercepat proses pengukukusan. Dan tentu hasil dari kukus telur pun akan lebih maksimal. Dapat dibeli satu mesin kukus telur ini saja, atau sekaligus dengan paket mesin pengolahan telur asin dengan kapasitas produksi yang akan disamakan dengan proses mesin lainnya. Di bawah ini adalah spesifikasi sederhana mengenai mesin pengkukus telur.

mesin-telur-kukus
Mesin kukus telur dengan body mesin keseluruhan terbuat dari stainless steel sehingga aman meski ada air di dalam mesin yang tentunya digunakan untuk proses pengukusan. Dengan rak penampung bahan juga terbuat dari stainless steel, sehingga tahan lama dan juga anti karat. Untuk sistem kukus sendiri adalah air yang ada di wadah khusus lalu dengan burner langsung di bagian bawah mesin, sehingga proses pengukusan pun akan maksimal. Proses kukus akan menyeluruh ke bagian dalam mesin karena terdapat blower yang akan meratakan proses pengukusan, sehingga tidak membedakan tingkat kematangan antara telur yang ditaruh di rak atas, dan juga telur yang ditaruh di rak paling bawah. Mesin kukus telur dilengkapi dengan kontrol suhu, sehingga pengguna mesin pun dapat mengawasi suhu mesin yang sedang dilakukan proses kukus, tentunya tidak akan melebihi suhu yang sudah di set dari awal. Terdapat kaca khusus dari bagian depan mesin, sehingga anda pun dapat melihat dari depan mesin untuk proses pengukusan telur. Terdapat cerobong khusus di bagian atas mesin, untuk keluarnya asap sehingga sirkulasi udara pengukusan di dalam mesin pun akan berputar dan proses kukus menjadi lebih bagus. Panel kelistrikan ditata rapi di bagian kanan mesin, sehingga untuk mesin kukus telur sendiri akan aman untuk kelistrikannya, dan jika anda mengalami masalah mesin dari kelistrikannya, akan lebih mudah untuk melihat dari mana sumber masalah kelistrikan berasal. Proses kukus telur ini adalah satu langkah sebelum pengasinan telur, karena telur dari awal pengolahan setelah dicuci butuh dipadatkan sehingga waktu pengasinan pun sudah dari telur matang hasil kukus.
3. Oven telur asin atau mesin produksi telur asin
Mesin selanjutnya untuk pengolahan bahan baku telur adalah oven telur asin. Oven ini merupakan teknologi inovasi dari Toko mesin solusindo yang berfungsi untuk produksi telur asin dengan cara cepat dan juga praktis. Hasil sama dengan proses tradisional dalam pengasunan telor, tetapi dengan perbedaan untuk waktu prosesnya. Akan lebih singkat dan hasil dari rasa asin pun akan meresap ke dalam telur secara optimal. Mesin ini termasuk mesin lokal dari bengkel kami, dan sudah digunakan oleh pengusaha telur asin di Indonesia. Dengan kapasitas produksi dilihat dari jumlah rak yang ada di dalam mesin, sehingga anda dapat langsung memproses banyak telur di satu waktu saja, tentu akan mempercepat proses produksi telur asin anda, khususnya anda yang mempunyai usaha di bidang penjualan telur asin. Oven telur asin merupakan salah satu mesin dari paket mesin pengolah telur, sehingga anda dapat membeli langsung dengan satu paket mesinnya, atau dengan pesanan hanya mesin oven ini saja. Di bawah ini adalah gambar mesin dan juga keterangan sederhana mengenai oven telur asin.


mesin-telur-asin



Mesin produksi telur asin dengan body mesin terbuat dari stainless steel untuk menjaga kebersihan dari produk telur karena anti karat dan juga awet dalam jangka waktu yang lama. Dengan sistem heater untuk proses produksi telur asin seperti proses pengasian tradisional. Tersedia kontrol suhu untuk cek suhu saat proses mesin sedang dijalankan. Untuk gambar diatas adalah mesin produksi telur asin dengan kapasitas 6 rak, sehingga anda dapat menata rapi telur yang akan diproduksi menjadi telor asin, dan tentu dengan waktu yang lebih cepat dari pada cara pengasinan tradisional, anda sudah bisa memproduksi telor asin. Sangat cocok untuk referensi usaha baru anda untuk pengolahan telor.

Toko mesin solusindo menyediakan mesin mesin untuk pengolahan telur asin dengan mesin lokal yang akan mengolah telur asin anda dengan maksimal. Kami akan terus ber inovasi untuk mesin serbaguna yang digunakan untuk mengolah telur untuk bidang peternakan, dan juga untuk produksi telur yang akan di jual di pasaran. Sudah banyak yang menggunakan mesin pengolahan telur kami untuk memajukan usaha, dan tentu mesin mesin yang kami kirim dan kami jual adalah mesin lokal yang sudah di uji untuk fungsi mesin dan juga mutu dari mesin kami. Anda dapat melakukan trial mesin pengolahan telur di tempat kami dengan tanpa biaya, yang tentu akan memastikan apakah mesin kami benar benar maksimal untuk pengolahan telur anda. Harga yang terjangkau juga akan menjadi referensi untuk anda yang membutuhkan mesin pengolahan telur dengan harga yang sesuai dengan modal, yang tentu tetap dengan kualitas mesin yang bagus. Untuk lain waktu akan kami jelaskan lagi mengenai mesin pengolahan telur lain yang kami produksi, dengan terus ber inovasi untuk memudahkan bisnis anda dalam pengolahan telur unggas. Kami menyediakan spare part untuk mesin mesin yang kami jual khususnya untuk mesin pengolahan telur, dan tentu mesin yang kami jual semua bergaransi. Untuk spare part mesin pencuci telur ini juga sangat mudah didapat karena semua bahan untuk pembuatan mesin pencuci telur ataupun mesin pengeram telur ini menggunakan bahan – bahan dalam negeri dan anda tidak akan kesulitan untuk mendapatkan suku cadang nya apabila terjadi penggantian spare part dikemudian hari. Jika anda mengalami kendala atau pun kesulitan untuk mengoperasikan mesin pengolahan telur, tentu kami akan selalu siap untuk menangani masalah mesin anda.

Demikian penjabaran serta penjelasan dari kami mengenai Cara Tepat Mengolah Telur Asin Dengan Paket Mesin Telur Asin. Dimulai dari pembahasan mengenai pengertian pengolahan telur dengan sederhana, dan juga mengapa pengolahan telur diminati oleh masyarakat dan melihat peluang berdasarkan minat produksi dan penjualan pengolahan telur di masyarakat. Pembahasan akhir sedikit membahas tentang mesin mesin yang berhubugan dengan lancarnya pengolahan pengolahan telur untuk dijadikan peluang usaha baru dengan cara praktis, begitu pula dengan mesin mesin pendukung lain untuk melancarkan proses produksi pengolahan telur. Berbagi ilmu dan juga peluang bisnis tentunya menjadi tugas kami untuk membuka referensi anda mengenai peluang usaha yang dapat anda tekuni, terutama di bahasan ini dalam bidang produksi pupuk organik, dengan bentuk pupuk granul atau pupuk dengan bentuk biji kecil. Semoga informasi yang kami berikan ini dapat memberikan manfaat serta motivasi bagi anda dalam memulai suatu usaha UKM maupun untuk mengembangkan usaha anda dalam bidang produksi di berbagai bidang tersebut. Apabila anda masih memiliki pertanyaan seputar mesin-mesin yang akan anda butuhkan, jangan segan – segan untuk menghubungi kami dan berkonsultasi dengan kami karena kami akan selalu siap membantu anda demi kesuksesan usaha anda. Didalam setiap perkembangan teknologi yang kami berikan, kami selalu bekerja secara professional, kreatif, inovatif dan selalu mendedikasikan diri kepada bangsa dan masyarakat Indonesia pada umumnya agar dapat berkarya secara maksimal dan lebih mencintai produk – produk Indonesia demi kesejahteraan masyarakat dengan ber wirausaha. Jangan takut untuk memulai usaha dengan kami sebagai mitra bisnis anda, karena kami akan selalu memberikan pelayanan terbaik untuk mesin-mesin yang anda butuhkan.

Toko Mesin Solusindo adalah salah satu perusahaan yang berlokasi di Malang Jawa Timur yang bergerak di bidang produksi mesin dan supplier mesin dengan berbagai macam kebutuhan mesin anda mulai dari mesin pendingin seperti mesin pembuat es tube, mesin cetak es balok, ruangan pendingin atau biasa disebut cold room maupun cold storage, ada juga mesin pengolahan makanan seperti mesin pembuat abon ikan dan daging, mesin pembuat keripik buah atau vaccum frying, mesin pembuat bawang goreng, mesin pembuat dodol atau jenang dll. Toko mesin solusindo juga menyediakan mesin pertanian, mesin teknologi tepat guna, mesin pengemas mesin pengolahan makanan dan juga minuman, mesin buatan lokal untuk beberapa kebutuhan produksi, mesin import untuk mesin mesin khusus makanan, minuman dan mesin pendingin, serta masih banyak lagi mesin – mesin yang lainnya yang bisa kami sediakan untuk menunjang kesuksesan usaha yang anda mulai. Kami menyediakan berbagai macam mesin untuk kebutuhan usaha anda mulai dari usaha skala home industri, usaha kecil dan menengah, maupun skala industri. Toko mesin solusindo akan selalu siap membantu anda dalam memulai suatu usaha atau dalam pengembangan usaha anda dengan menyediakan berbagai macam mesin untuk menunjang usaha dengan berbagai macam kapasitas mesin yang dibutuhkan dan dapat disesuaikan dengan permintaan anda atau mesin custom, serta dapat disesuaikan dengan dana atau modal awal anda. Untuk keterangan mesin mesin industry yang lebih lengkap, dengan spesialis mesin pengolahan pengolahan telur seperti mesin ice flake, mesin ice scaler, mesin ice tube, mesin ice cube, dan juga masih banyak jenis mesin es lainnya dapat anda kunjungi di website utama kami di www.tokomesinsolusindo.co.id

Hal-hal yang melatar belakangi berdirinya Toko Mesin Solusindo adalah karena mengingat kebutuhan konsumen akan mesin teknologi tepat guna belakangan ini sangat diperlukan bagi semua pelaku usaha, mulai dari usaha perorangan, usaha home industry, maupun usaha kecil dan menengah atau UKM. Kami juga turut berpartisipasi dalam mendukung program pembangunan pemerintah dalam bidang sumber daya manusia yang mandiri, kreatif dan produktif dalam ber wirausaha. Kami juga akan terus mendukung program bantuan pemerintah dalam bidang tersebut agar tercipta masyarakat yang mandiri dan sejahtera, dan kami pun akan selalu meningkatkan inovasi serta kreatifitas kami demi terpenuhi nya kebutuhan – kebutuhan akan alat maupun mesin untuk menunjang kinerja produktifitas para masyarakat pelaku usaha. Dengan selalu memprioritaskan pada kesejahteraan masyarakat, kami pun mendedikasikan diri kepada bangsa dan masyarakat Indonesia untuk selalu memberikan inovasi yang terbaik demi terciptanya masyarakat yang mandiri dan sejahtera dengan ber wirausaha.

Anda kebingungan untuk mencari mesin apa yang cocok untuk memulai usaha anda? Kami mempunyai business consultant yang selalu siap untuk berdiskusi, bertukar pikiran, dan memberikan anda saran untuk mesin apakah yang cocok untuk kebutuhan usaha anda. Anda tidak perlu bingung untuk mencari mesin yang tepat, tetapi kamilah yang selalu siap untuk memandu anda dalam menentukan mesin yang anda butuhkan dengan hasil yang efektif. 

Anda kebingungan untuk mengoperasikan mesin yang sudah anda beli? Kami siap untuk mengirim teknisi kami ke tempat anda untuk menjelaskan tata cara penggunaan mesin sampai dengan tata cara untuk merawat mesin agar awet dan juga bekerja secara maksimal. Mulai daerah sabang sampai merauke, teknisi akan siap kami luncurkan untuk support mesin anda dari awal penggunaan sampai dengan hasil mesin sesuai fungsinya. Kami siap untuk menjadi konsultan bisnis anda dalam menentukan mesin apakah yang cocok untuk usaha baru yang akan anda geluti, dan juga alat pendukung apa yang dapat kami buatkan untuk mensukseskan usaha anda. Hotline service kami akan selalu siap sedia untuk anda jika ada kebutuhan yang ditujukan untuk mesin yang anda gunakan, atau untuk kebutuhan usaha anda yang baru, atau untuk menambah mesin untuk ekspansi usaha anda.

VISI
Menjadi perusahaan yang dapat dipercaya dan terkemuka dalam mengembangkan inovasi mesin teknologi tepat guna demi terciptanya sumber daya masyarakat yang mandiri dan sejahtera dalam ber wirausaha.

MISI
Selalu mengembangkan inovasi dan kreatifitas serta profesionalisme kerja dalam menciptakan dan mendesign mesin teknologi tepat guna demi meningkatkan produktifitas dan kesuksesan usaha masyarakat dalam ber wirausaha mandiri.

Untuk penjelasan lebih detail mengenai spesifikasi mesin dan harga mesin untuk segala kebutuhan mesin anda dengan penawaran harga terbaik silahkan menghubungi hotline service kami. Atau isikan dalam kolom komentar website kami untuk menginfokan mesin apa yang anda butuhkan beserta dengan kapasitasnya, kami akan mengirimkan lewat email kebutuhan yang anda butuhkan. Kami menyediakan mesin lokal dan juga mesin import dengan kualitas mesin terjamin dan harga mesin yang sesuai dengan budget anda. Mesin bergaransi dan juga tersedia spare part atau beberapa bagian mesin khusus yang dapat diganti. 90% mesin lokal kami dibuat dari body mesin stainless steel untuk menjaga keawetan dari mesin, ekfektifitas produksi, dan juga kemanan untuk pengolahan makanan dan minuman.

Salam Sukses
TOKO MESIN SOLUSINDO

We Serve:

Mesin Ice Maker, Cold Room, Freezer, Chiller, Mesin Pengolahan Daging, Mesin Pengolahan Ikan, Mesin Industrial, Mesin Pengolahan Makanan, Mesin Pengolahan Minuman, Mesin Pengolahan Roti, Perlengkapan Restoran & Hotel, Mesin Destilasi, Mesin Pengolahan Minyak Kelapa (VCO), Mesin Pengolahan Kompos, Mesin Pakan Ternak, Diesel, Mesin Cetak Batako, Mesin Cetak Paving, Mesin Cetak Bata Merah, Pompa Air, Mesin Cetak Bakso, Mesin Bor Tanah, Mesin Pengolahan Padi, Mesin Pengolahan Kopi, Mesin Pengering, Mesin Pengemas, Etc. (Menerima Pengerjaan Tender Diseluruh Indonesia).



Lebih baru Lebih lama