USAHA PENGOLAHAN PADI DAN MERAUP KEUNTUNGAN MAKSIMAL



USAHA KECIL MENENGAH PENGOLAHAN PADI DENGAN MESIN SERBAGUNA
             

bisnis-ukm-pengolahan-padi

Pengolahan hasil tani sangatlah bagus untuk dijadikan peluang usaha, dikarenakan hasil dari pertanian sendiri tentunya adalah produk yang akan selalu di butuhkan untuk kebutuhan pangan sehari hari. Sangat banyak sekali hasil dari pertanian yang dapat digunakan untuk diolah selanjutnya ataupun langsung untuk di jual di pasaran dengan bentuk aslinya. Tidak sedikit pula para pengusaha yang memulai usaha nya di bidang pengolahan hasil dari pertanian, dengan beragam cara dan juga pengolahan untuk mendapatkan hasil yang juga maksimal. Salah satu contoh dari hasil pertanian yang sangat umum untuk di olah untuk usaha baru atau untuk pengolahan menjadi produk baru adalah padi. Padi merupakan tanaman yang jenis nya untuk di budidaya kan, karena padi adalah tanaman pangan yang sangat penting khususnya di negara Indonesia karena padi adalah makanan pokok di negara ini. Padi (bahasa latin: Oryza sativa L.) merupakan salah satu tanaman budidaya terpenting dalam peradaban. Meskipun terutama mengacu pada jenis tanaman budidaya, padi juga digunakan untuk mengacu pada beberapa jenis dari marga (genus) yang sama, yang biasa disebut sebagai padi liar. Padi diduga berasal dari India atau Indocina dan masuk ke Indonesia dibawa oleh nenek moyang yang migrasi dari daratan Asia sekitar 1500 SM. Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Padi hasil pengolahan dari padi sendiri dinamakan beras yang nantinya akan dijadikan sumber pangan di beberapa negara tertentu. Tanaman padi adalah sejenis tumbuhan yang sangat mudah ditemukan, apalagi jika kita yang tinggal di daerah pedesaan. Hamparan persawahan akan di penuhi dengan tanaman padi. Sebagian besar menjadikan padi sebagai sumber bahan makanan pokok, dan juga mata pencaharian utama. Padi merupakan tanaman yang termasuk genus Orzya L. yangmeliputi kurang lebih 25 spesies, tersebar di daerah tropis dan daerah sub tropis,seperti Asia, Afrika, Amerika dan Australia. Padi yang ada sekarang merupakan persilangan antara Oryzaofficianalis dan Oryzasativa F. Spontane Produksi padi dunia menempati urutan ketiga dari semua serealia, setelah jagung dan gandum. Meski tidak sedikit juga untuk budidaya jagung dan juga gandum sebagai tanaman untuk makanan pokok, tetapi untuk di negara Indonesia sendiri tanaman padi lebih utama untuk dijadikan makanan pokok dibandingkan dengan jagung atau gandum yang hanya dijadikan makanan pokok di beberapa daerah saja.

            Bagaimanakah ciri ciri untuk tanaman padi? Padi telah diambil dari persemaian untuk di tanam di sawah. Padi adalah tanaman yang termasuk dalam suku padi padian atau Poaceae ( Sinonim : Graminae atau Glumiflorae ). Terna semusim, ber akar serabut; mempunyai batang yang sangat pendek, struktur serupa batang yang terbentuk dari rangkaian pelepah daun yang saling menopang satu dengan yang lain, daun sempurna dengan pelepah regak, daun berbentuk seperti lanset, dengan warna hijau muda hingga hijau tua, berurat daun sejajar, tertutupi oleh rambut yang pendek dan jarang, bunga tersusun secara majemuk, tipe malai yang bercabang, satuan bunga disebut floret, yang terletak pada satu spikelet yang duduk pada panikula, buah tipe bulir atau kariopsis yang tidak dapat dibedakan mana buah dan bijinya, bentuk hamper bulat hingga lonjong, ukuran 3 mm hingga 15 mm, tertutup oleh palea dan lemma yang dalam bahasa sehari hari disebut sekam, struktur dominan adalah endospremium yang dimakan orang. Tanaman padi dapat dibedakan berdasarkan varietasnya. Varietas tanaman padi ini banyak sekali. Dan hampir setiap tahun muncul dengan sifat genetik yang lebih baik. Sumber: https://petaniindomodern.wordpress.com/2016/02/10/pengertian-tanaman-padi-3/  . Padi termasuk dari tanaman yang membuahi dirinya sendiri. Pembuahan akan terjadi ketika serbuk sari membuahi sel telur. Setelah dibuahi, hasil yang akan diperoleh adalah zigot. Zigot dan inti polar akan membelah diri. Zigot dan intipolar yang sudah memberlah diri lalu membentuk embrio dan endospermia. Endospermia ini yang akan membentuk kandungan pati di dalam bulir bulir padi.

            Jika dilihat dari varietasnya, tanaman padi dapat dibedakan dalam 3 jenis yang berbeda. Dibawah ini adalah beberapa padi dari segi varietas nya. 

1. Varietas padi Hibrida
Untuk varietas padi ini, dapat diartikan dengan mudah yaitu varietas padi yang hanya sekali tanam, lalu hasil dari penanaman akan maksimal bila hanya sekali di tanam. Tetapi apabila keturunannya atau benih nya di tanam kembali, maka hasilnya akan berbeda dan dari segi kualitas akan berkurang drastis. Memang untuk varietas ini di buat atau di rekayasa oleh pemilik atau penanamnya untuk hanya sekali tanam. Dengan tujuan agar petani dapat membeli kembali. Harga dari benih hibrida sangatlah mahal, dan bisa mencapai antara harga 40 ribu sampai dengan 60 ribu per kilo nya. Varietas padi ini dapat menghasilkan dua kali lipat dari padi lokal yang mampu untuk menghasilkan 10 sampai dengan 12 ton per hektar, dan memiliki butiran biji yang bagus, kalau di masak pun akan menghasilkan nasi yang pulen dan juga wangi. Jenis jenis padi hibrina pun ada berbagai macam di antara lain yaitu : intan 1, intan 2 , rokan, adirasa 1 , adirasa 64, H1, PP1, sembada b9, SL 8 dan SI 11.

2. Varietas padi Unggul
Untuk varietas padi ini dapat diartikan varietas yang bisa berkali kali ditanam dengan perlakuan yang baik. Hasil dari panen padi varietas ini dapat di jadikan benih kembali. Bisa juga sampai sepuluh kali lebih dengan hasil yang hampir sama. Untuk varietas padi unggul telah di lepas oleh pemerintah dengan SK menteri pertanian. Sudah melewati beberapa uji coba. Contoh dari varietas ini yang banyak di tanam petani adalah CIHERANG yang bisa mencapai 47% dari total varietas yang ditanam, mekongga, cimelati, cibogo, cisadane, situ patenggang dan beberapa yang lainnya. Kelebihan dari varietas padi unggul adalah dapat di tanam ulang atau berkali kali, dan mampu menghasilkan padi sampai dengan 8 sampai 10 ton per hektar nya, dan harganya pun murah tidak semahal dari harga padi hibrida, yang harganya 50.000 sampai dengan 10.000 an per kilo nya. Hasil dari panen juga tidak kalah dengan padi hibrida jika dilihat dari segi kualitas.

3. Varietas padi Lokal
Untuk varietas padi selanjutnya adalah varietas padi lokal yang sudah lama ber adaptasi di daerah tertentu. Sehingga varietas ini akan mempunyai karakteristik spesifik lokasi di daerah tersebut. Setiap varietas akan mempunyai keunggulan dan juga kelemahan. Demikian juga untuk varietas lokal tersebut. Jenis padi ini memiliki kelebihan dan juga kekurangan pada setiap daerahnya, sulit ber adaptasi atau cara adaptasi di lingkungannya lama, dapat di tanam berulang ulang tanpa mengurangi dari hasil sebelumnya. Varietas padi ini mampu menghasilkan 7 sampai dengan 8 ton per hektar nya, dan tak jarang jika petani menanam jenis padi ini karena memiliki malai yang pendek dan rasanya kurang enak. Jenis jenis padi lokal pun ada beberapa macam yang antara lain yaitu gropak, indramayu, dharma ayu, andel jaran, dan beberapa jenis lainnya. 

            Pengolahan selanjutnya adalah pengolahan gabah dan menjadi nasi. Setelah padi di panen, bulir padi atau gabah akan dipisahkan dari jerami padi. Pemisahan dilakukan dengan cara memukulkan seikat padi sehingga gabah terlepas atau dengan bantuan mesin pemisah gabah atau mesin pengolahan padi lainnya. Gabah yang sudah terlepas lalu di kumpulkan dan juga dijemur. Pada zaman dahulu, gabah tidak akan dipisahkan terlebih dahulu dari jerami, dan dijemur bersama dengan merangnya. Penjemurah biasanya akan memakan waktu dari tiga sampai dengan tujuh hari, tergantung dari kecerahan penyinaran matahari. Gabah merupakan bentuk produk dari padi untuk keperluan ekspor atau perdagangan dengan skala besar. Gabah dengan jenis kering akan disimpang, atau dapat langsung ditumbuk atau digiling, sehingga beras akan terpisah dari sekam atau kulit gabah. Hasil sampingan yang diperoleh dari pemisahan antara gabah dan juga beras adalah sebagai berikut : sekam atau dapat disebut dengan merang, yang dapat digunakan untuk bahan bakar. Lalu bekatul, yaitu serbuk kulit ari dari beras yang dapat digunakan sebagai bahan untuk makanan ternak dan juga dedak, yaitu campuran bekatul kasar dengan serpihan sekam yang berbentuk kecil yang juga digunakan untuk makanan ternak. Setelah pengolahan beras selesai, beras dapat di kukus atau di tim agar menjadi nasi yang langsung siap di konsumsi. Beras atau ketan yang di tim dengan air yang berlebih akan menjadikan nasi berbentuk lembek dan akan menjadi bubur. Pengukukusan beras dapat juga dilakukan dengan cara di bungkus missal dengan anyaman daun kelapa ataupun daun pisang, atau juga dengan bumbung bamboo. Beras juga dapat diolah menjadi minuman penyegar atau jamu yaitu beras kencur, atau obat balur untuk mengurangi rasa pegal.

            Jika dilihat dari penjelasan padi serta beberapa hasil dari pengolahannya, akan dapat dijadikan referensi untuk anda dalam pengolahan padi akan sangat menguntungkan dan akan mendapatkan banyak keuntungan dikarenakan dari pengolahan padi sendiri, dapat dijadikan beberapa macam pengolahan dan tentu bervariasi, tergantung dari pola anda untuk mengolah padi sampai dengan menjadi produk yang anda inginkan. Misal pengolahan padi yang menjadi gabah, dari sini anda dapat memilih untuk langsung menjual gabah ke tingkat ekspor, atau diolah lagi menjadi beras bersih yang akan dijual ke pasar lokal. Dari pengolahan padi ke gabah sendiri sudah akan mendapat limbah  yang dapat diolah ulang menjadi produk baru, yaitu untuk bahan pakan ternak ataupun untuk dijadikan olah produk lainnya. Untuk melancarkan anda dalam pengolahan padi untuk diolah sampai ke gabah ataupun ke beras, dibutuhkan alat atau mesin khusus sehingga akan membantu proses produksi anda dan tidak akan memakan waktu banyak, serta biaya operasional yang besar. Untuk itu anda juga harus memperhatikan mesin atau alat apa yang akan anda jadikan penunjang untuk pengolahan padi anda. Memilih mesin dan juga alat yang akan menjadi penunjang usaha anda juga tidak boleh sembarangan, karena hal tersebut akan berkenaan dengan kualitas dari produk yang akan anda jual ke pasaran, yang tentu akan mempertaruhkan nama dari produk anda sendiri. Maka dari itu dibutuhkan mesin atau alat yang sudah teruji dan juga digunakan oleh banyak pengusaha lainnya, sehingga anda akan mendapatkan hasil dari pengolahan yang maksimal, dan juga akan memaksimalkan keuntungan yang akan anda peroleh. Untuk skala usaha dari pengolahan padi sendiri bermacam macam, tidak harus membutuhkan biaya besar dan juga modal yang besar untuk memulai usaha dengan komoditi padi, dikarenakan anda dapat memulai usaha padi dengan skala rumahan atau home industry, yang tentunya anda membutuhkan pemasok padi terlebih dahulu untuk memulai usaha nya. Jika usaha anda sudah berkembang, tentunya segala infrastuktur seperti mesin atau alat yang digunakan akan membutuhkan upgrade atau penambahan fungsi ataupun hasil produksi dari yang sebelumnya, atau dengan mesin fungsi lengkap sehingga proses produksi anda akan jauh lebih mudah dan juga jauh lebih praktis. Jangan takut untuk memulai bisnis terutama dari komoditi padi. Meski anda sudah tahu kalau sudah sangat banyak pengusaha yang menggunakan padi sebagai komoditi usahanya, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk permintaan padi di pasaran sangat lah tinggi, dan tentu tidak akan pernah habis peluang usaha baru untuk anda, maka mulailah usaha dari sekarang.

            Untuk memulai bisnis pengolahan padi anda tidak perlu takut memulai dikarenakan pelaku bisnis ini sudah cukup banyak yang berhasil meraih kesuksesan menjalankannya, karena yang membuat pengolahan padi menjadi mudah mendapat keuntungan karena jasa dari pengolahan padi sendiri di butuhkan oleh banyak orang. Sehingga jika anda memulai bisnis pengolahan padi, maka secara tidak langsung anda juga akan membuka banyak sekali kemungkinan untuk lapangan kerja baru, karena saat panen padi dimulai, anda akan benar benar membutuhkan banyak tenaga untuk mendapatkan hasil panen sehingga lebih efisien dalam hal waktu. Untuk kelemahan dari pengolahan padi salah satunya adalah usaha ini mempunyai masa panen yang terbatas, sehingga tidak sepanjang waktu dapat di panen karena masa panen padi sendiri akan digiling secara berkala. Dalam setahun saja akan terjadi dua hingga tiga kali masa panen, sehingga usaha pengolahan padi dapat juga dikategorikan sebagai usaha musiman. Jika diteliti lagi, anda dapat memperhatikan untuk masa krisis padi, yaitu saat padi sedikit yang digiling. Untuk mengatasi hal tersebut, dapat juga ditanggulangi dengan cara saat padi mengalami musim tidak panen, maka para pengusaha padi akan beralih menjadi pedagang beras. Dengan pengolahan padi yang sudah di panen sebelumnya, akan dilanjutkan untuk pengolahannya, sampai menjadi beras bersih siap jual, dan akan bersaing di pasaran untuk beras dengan kualitas yang bagus. Dapat menggunakan hasil panen padi sendiri, atau mencari rekan bisnis untuk mempersiapkan stok dengan cara membeli padi atau gabah dari para petani di saat masa panen tiba. Hal ini hanya dilakukan jika masa ketersediaan padi untuk digiling mulai menipis, dan para pengusaha tersebut akan tetap mendapatkan keuntungan dari memproses stok padi yang dimiliki, dan juga memasarkan berasnya ke pasar lokal. Jika kita lihat secara seksama, permintaan pasar akan beras tidak pernah berkurang, malah akan terus bertambah seiring waktu berjalan. Untuk cara yang lainnya dalam menanggulangi krisis padi saat panen menipis, dapat juga dilakukan usaha penggilingan dengan cara menempuh sistem kerja sama dengan para tengkulak beras untuk menjasakan proses penggilingan padi yang dimiliki nya. Sekaligus juga dapat menjadi perantara atau calo yang akan menghubungkan antara tengkulak dengan para petani yang ingin menjual hasil panen padi nya. Dengan begitu, usaha penggilingan padi ini akan tetap dapat memberikan hasil keuntungan bagi pemilik usaha nya sepanjang waktu berjalan. 

            Bagaimana untuk mengolah padi, gabah ataupun beras? Tentunya dengan menggunakan alat atau mesin buatan lokal ataupun buatan luar negeri. Karena untuk membuat produk yang mempunyai nilai saing tinggi, tentunya anda tidak bisa memproduksi padi , gabah, ataupun beras dengan asal asalan, karena tentu konsumen juga akan melihat dan meneliti saat membeli produk. Dengan menggunakan alat atau mesin, tentunya akan menghemat sumber daya manusia dan juga beberapa biaya lainnya serta lebih hemat waktu. Dibawah ini adalah contoh beberapa mesin yang berhubungan dengan pengolahan padi dengan beberapa fungsi dan juga kemampuan untuk mengolah padi, gabah dan juga beras, sampai dengan tingkat maksimal, sehingga nilai kualitas produk yang anda buat akan tinggi dan tentu tidak perlu takut untuk bersaing di pasaran.

1. Mesin pengupas padi atau Mesin paddy huller
Mesin adalah mesin khusus untuk pengolahan padi, dengan cara mengupas padi dan akan menjadi beras. Proses dilakukan secara otomatis, serta akan menghemat waktu anda dalam produksi beras dari padi yang anda panen. Dalam mesin pengupas padi ini anda juga secara otomatis dapat menyisihkan antara padi utuh, padi pecah kecil kecil dan juga sekam padi. Harga mesin penggiling padi bervariasi sesuai dengan kapasitas produksi atau proses pengupasan yang dapat ia lakukan. Beberapa kriteria yang harus diperhatikan dalam memilih mesin pengupas padi ini adalah kapasitas produksi, RPM atau Putaran, dan tenaga yang dapat dihasilkan oleh mesin (biasanya dalam satuan Horse Power – HP). Sesuaikan dengan kebutuhan sawah dan kapasitas panen anda. Terdiri dari 2 tipe untuk mesin pengupas padi dilihat dari cara pengupasannya, pertama adalah mesin pengupas atau penggiling padi dengan sistem pisau. Proses pengupasan dengan menggunakan pisau akan terkupas dengan bersih dan juga cepat, akan sangat cocok untuk anda yang membutuhkan produksi beras bersih dengan cara yang praktis. Mesin pengupas padi untuk tipe pisau ini tersedia dalam beberapa kapasitas produksi, yang tentu akan menyesuaikan juga dengan kebutuhan produksi dan usaha awal anda. Untuk harga tentu saja terjangkau untuk anda yang baru memulai usaha di bidang pengolahan padi. Mesin ini sudah digunakan oleh pengusaha beras di beberapa daerah di Indonesia, karena proses pengolahan padi yang maksimal, dan juga hasil dari produksi yang tidak kalah saing dengan produk yang ada di pasaran. Untuk tipe kedua dari mesin pengupas padi adalah dengan menggunakan sistem roll, sehingga padi akan digiling dengan roll karet sehingga kulit padi akan menempel pada roll karet dan beras pun akan keluar dengan cepat dan hasil pengupasan pun akan bersih. Sama dengan fungsi pengupas padi dengan sistem pisau, akan sama sama mengupas atau menggiling padi sampai menjadi beras, dan tentu hasil dari pengupasan akan bersih. Dibawah ini akan dijelaskan secara sederhana mengenai spesifikasi dan juga gambar mesin.
mesin-kupas-kulit-padi

Untuk mesin paddy huller sendiri semua konstruksi terbuat dari metal yang terjamin akan kekuatannya, sehingga umur pemakaian dapat bertahan lama. Dilengkapi dengan winnower model terbaru yang lebih kuat, dengan kipas penghembus sekam yang lebih besar untuk menyempurnakan pemisahan antara beras dengan sekamnya. Pulley yang kuat untuk perlengkapan standart nya, agar mesin dapat bekerja dengan baik sehingga penghubung bagian penggerak. Semua poros yang bergerak di bagian winnower dilengkapi dengan bearing yang tertutup sehingga akan tahan lama dan juga awet. Bagian kipas penghubung sekam, diperbesar dan juga diperkuat oleh plat baja yang lebih tebal dan juga kuat. Pada desain mesin paddy huller ini perawatan akan lebih mudah dan juga lebih mudah. Sangat mudah juga untuk membersihkan mesin saat setelah selesai digunakan. Mesin paddy huller adalah salah satu dari mesin import yang sudah teruji mutu dan juga kualitasnya untuk mengupas atau menggiling padi guna menghasilkan beras yang berkualitas. Menggunakan penggerak mesin yang mempunyai power tinggi, sehingga mesin akan bekerja cepat meski kapasitas yang digunakan untuk produksi dalam jumlah besar. Kami juga menerima permintaan khusus untuk kapasitas produksi yang besar. Dan tidak akan berhenti ber inovasi untuk membuat mesin pengolahan padi sehingga menjadikan beras putih siap jual di pasaran.

2. Mesin satake atau mesin poles beras terpadu
Selain mesin paddy huller, kami menyediakan mesin lain untuk pengolahan padi, yaitu mesin satake. Fungsi mesin ini adalah gabungan dari pengupasan padi dan juga poles beras terpadu. Sehingga fungsi utama untuk mesin satake ini adalah mengupas padi keluar beras putih, bersih, dan juga mengkilap. Dilengkapi juga dengan penampi mesin yang dapat memisahkan antara kotoran padi, sekam dan juga bekatul. Pengoperasian mesin yang mudah akan membuat mesin ini sangat cocok untuk pengolahan padi anda, dan tentu anda akan mendapatkan hasil produksi yang maksimal. Harga murah dan terjangkau untuk pengusaha baru atau pengusaha skala menengah yang akan menjadikan mesin satake ini sebagai penunjang utama dalam pengolahan padi anda. Mesin ini merupakan salah satu mesin serbaguna karena dapat langsung 2 fungsi mesin pada 1 mesin saja. Dapat anda gunakan langsung di sawah atau dalam pabrik pengolahan padi anda, dan bersistem otomatis sehingga anda hanya perlu memasukkan bahan saja ke dalam mesin, dan saat penggerak sudah dinyalakan, proses pengupasan padi dan juga membersihkan beras pun langsung dilakukan. Sama dengan mesin paddy huller, mesin satake ini menggunakan sistem roll untuk pengupasan padi nya, sehingga akan menjadikan beras tergiling sempurna. Dibawah ini adalah gambar mesin dan juga penjelasan sederhana mengenai mesin satake kami.
mesin-satake-poles-bersih-padi

Mesin pengolahan padi kali ini adalah dengan dua sistem sekaligus, menjadikan mesin ini serbaguna. Dapat juga disebut sebagai mesin poles beras terpadu karena memang dari fungsi ganda mesin. Lalu body mesin yang terbuat dari metal khusus yang akan awet dalam jangka waktu yang lama. Dengan menggunakan penggerak mesin tenaga tinggi sehingga proses mesin akan cepat dan juga praktis. Hasil dari pengolahan pun maksimal. Perlengkapan mesin sudah termasuk dalam pembelian mesin, sehingga saat anda akan menggunakan mesin sudah lengkap untuk peralatan mesin untuk kinerja mesin yang maksimal. Spare part untuk mesin poles beras terpadu juga tidak susah untuk mencarinya, sehingga anda tidak perlu bingung jika terjadi kendala di salah satu bagian dari mesin. Jika dilihat dari gambar mesin, ada beberapa bagian penting yang harus anda perhatikan, pertama adalah tempat input bahan baku untuk memasukkan padi, lalu output mesin untuk tempat keluarnya beras bersih, dan jga untuk limbah padi yang akan disisihkan di bagian lain mesinnya. Untuk anda yang memulai usaha di bidang penjualan beras, mesin poles beras terpadu adalah salah satu dari mesin yang harus anda miliki, karena dari fungsi mesin ganda dan juga hasil produksi yang maksimal, tentu akan menjanjikan keuntungan untuk usaha beras anda.

3. Mesin polisher beras atau mesin poles beras
Mesin selanjutnya untuk pengolahan padi adalah mesin polisher. Mesin ini adalah langkah selanjutnya setelah anda mengolah beras dan menghasilkan padi, lalu dengan mesin polisher beras anda akan melakukan pemolesan beras hingga bersih dan juga meningkatkan kualitas produk beras anda. Hampir sama dengan proses mesin satake, hanya saja mesin ini bekerja satu fungsi saja yaitu untuk memoles beras hingga bersih. Proses membersihkan beras dengan menggunakan mesin polisher beras ini akan menjaga agar beras tetap utuh dan tentu hasil beras akan lebih berkualitas. Beras akan menjadi seperti Kristal mengkilap yang tentu akan menarik minat pembeli untuk produk beras anda. Mesin yang awet dan juga tahan lama karena body mesin juga dari mild steel sehingga untuk perawatan sangat mudah, juga untuk proses menjalankan mesinnya. Mesin polisher beras terdapat corong atau silo untuk menjaga agar bekatul dari padi atau kulit beras tetap bersih. Akan sangat cocok untuk anda yang menginginkan usaha beras dengan hasil beras bersih dan siap bersaing di pasaran. Dibawah ini adalah gambar dari mesin polisher beras serta penjelasan spesifikasi mesin secara sederhana.
alat-pemoles-beras-polisher-beras

Kapasitas produksi yang bermacam macam disediakan untuk mesin pemoles beras kami, sehingga akan menyesuaikan terlebih dahulu dengan kebutuhan dan juga modal usaha anda. Kapasitas produksinya ada yang mencapai 1 ton per proses, dan jika anda ingin mendapatkan mesin pemoles dengan kapasitas di atas nya, kami pun akan menyediakannya. Daya penggerak juga akan menyesuaikan dengan kapasitas produksi yang dimiliki, sehingga seimbang antara daya mesin dan juga hasil yang didapat. Lebih hemat biaya produksi dan tentu lebih hemat dalam hal waktu. Perlengkapan mesin seperti pulley dan juga van belt sudah siap terpasang saat anda akan menggunakan mesin, sehingga setelah pembelian mesin anda hanya tinggal menggunakan mesin tersebut. Dengan wadah penampung bahan yang langsung dengan pemrosesan memoles beras, sehingga akan sangat mudah untuk mengoperasikan mesin pemoles beras dari kami. Mesin ini termasuk mesin import yang sudah diuji untuk kualitas bahan hasil pengolahan dan juga mutu dari mesinnya. Sudah juga digunakan oleh banyak pengusaha beras di beberapa daerah, yang tentu memilih mesin pemoles beras ini untuk menunjang produk beras nya.

            Beberapa mesin diatas adalah contoh dari mesin mesin pengolahan padi dan juga pengolahan beras yang kami miliki. Untuk lain waktu akan kami jelaskan lagi mengenai mesin pengolahan padi, gabah , serta beras jika anda menginginkan pengolahan beras dengan sistem yang lainnya. Tidak lupa pula kami telah melayani berbagai konsumen mesin untuk Usaha Kecil Menengah (UKM) di seluruh daerah di Indonesia, dan juga berbagai mesin sudah terjual dan digunakan untuk menunjang usahanya. Maka dari itu tunggu apa lagi untuk anda yang masih bingung untuk memulai bisnis di bidang pengolahan padi, pengolahan gabah ataupun pengolahan beras, segera hubungi kami untuk mesin yang sesuai dengan usaha yang akan anda mulai. Kami dapat mengirimkan penawaran harga dan juga spesifikasi mesin yang anda butuhkan, atau jika anda membutuhkan referensi mesin untuk usaha, anda juga dapat menghubungi kami di waktu kerja  yang tertera. Tersedia garansi di setiap pembelian mesin, dan juga teknisi kami siap untuk menjelaskan jika ada yang ingin anda tanyakan mengenai fungsi mesin, atau tata cara perawatan mesin yang benar agar mesin dapat bertahan lama. Serta jika anda mengalami kendala saat mengoperasikan mesin, teknisi kami pun siap untuk datang ke tempat anda guna memperbaiki kendala  mesin yang anda alami. Tidak hanya di kota Malang saja, tetapi untuk seluruh kota dan seluruh daerah di Indonesia, akan kami datangi untuk pelayanan after sale kami. Kami terus ber inovasi untuk memproduksi mesin mesin khususnya untuk mesin pengolahan padi untuk usaha padi , beras dan juga gabah anda. Kesuksesan anda adalah tujuan kami sebagai mitra bisnis anda. 

Toko mesin solusindo menyediakan mesin mesin untuk pengolahan padi dengan mesin lokal yang akan mengolah padi anda dengan maksimal. Kami akan terus ber inovasi untuk mesin serbaguna yang digunakan untuk mengolah padi untuk bidang peternakan, dan juga untuk produksi padi yang akan di jual di pasaran. Sudah banyak yang menggunakan mesin pengolahan padi kami untuk memajukan usaha, dan tentu mesin mesin yang kami kirim dan kami jual adalah mesin lokal yang sudah di uji untuk fungsi mesin dan juga mutu dari mesin kami. Anda dapat melakukan trial mesin pengolahan padi di tempat kami dengan tanpa biaya, yang tentu akan memastikan apakah mesin kami benar benar maksimal untuk pengolahan padi anda. Harga yang terjangkau juga akan menjadi referensi untuk anda yang membutuhkan mesin pengolahan padi dengan harga yang sesuai dengan modal, yang tentu tetap dengan kualitas mesin yang bagus. Untuk lain waktu akan kami jelaskan lagi mengenai mesin pengolahan padi lain yang kami produksi, dengan terus ber inovasi untuk memudahkan bisnis anda dalam pengolahan padi unggas. Kami menyediakan spare part untuk mesin mesin yang kami jual khususnya untuk mesin pengolahan padi, dan tentu mesin yang kami jual semua bergaransi. Untuk spare part mesin pencuci padi ini juga sangat mudah didapat karena semua bahan untuk pembuatan mesin pencuci padi ataupun mesin pengeram padi ini menggunakan bahan – bahan dalam negeri dan anda tidak akan kesulitan untuk mendapatkan suku cadang nya apabila terjadi penggantian spare part dikemudian hari. Jika anda mengalami kendala atau pun kesulitan untuk mengoperasikan mesin pengolahan padi, tentu kami akan selalu siap untuk menangani masalah mesin anda.

Demikian penjabaran serta penjelasan dari kami mengenai Usaha pengolahan padi untuk bisnis UKM dan meraup keuntungan maksimal. Dimulai dari pembahasan mengenai pengertian pengolahan padi dengan sederhana, dan juga mengapa pengolahan padi diminati oleh masyarakat dan melihat peluang berdasarkan minat produksi dan penjualan pengolahan padi di masyarakat. Pembahasan akhir sedikit membahas tentang mesin mesin yang berhubugan dengan lancarnya pengolahan pengolahan padi untuk dijadikan peluang usaha baru dengan cara praktis, begitu pula dengan mesin mesin pendukung lain untuk melancarkan proses produksi pengolahan padi. Berbagi ilmu dan juga peluang bisnis tentunya menjadi tugas kami untuk membuka referensi anda mengenai peluang usaha yang dapat anda tekuni, terutama di bahasan ini dalam bidang produksi padi organik, dengan bentuk padi granul atau padi dengan bentuk biji kecil. Semoga informasi yang kami berikan ini dapat memberikan manfaat serta motivasi bagi anda dalam memulai suatu usaha UKM maupun untuk mengembangkan usaha anda dalam bidang produksi di berbagai bidang tersebut. Apabila anda masih memiliki pertanyaan seputar mesin-mesin yang akan anda butuhkan, jangan segan – segan untuk menghubungi kami dan berkonsultasi dengan kami karena kami akan selalu siap membantu anda demi kesuksesan usaha anda. Didalam setiap perkembangan teknologi yang kami berikan, kami selalu bekerja secara professional, kreatif, inovatif dan selalu mendedikasikan diri kepada bangsa dan masyarakat Indonesia pada umumnya agar dapat berkarya secara maksimal dan lebih mencintai produk – produk Indonesia demi kesejahteraan masyarakat dengan ber wirausaha. Jangan takut untuk memulai usaha dengan kami sebagai mitra bisnis anda, karena kami akan selalu memberikan pelayanan terbaik untuk mesin-mesin yang anda butuhkan.

Toko Mesin Solusindo adalah salah satu perusahaan yang berlokasi di Malang Jawa Timur yang bergerak di bidang produksi mesin dan supplier mesin dengan berbagai macam kebutuhan mesin anda mulai dari mesin pendingin seperti mesin pembuat es tube, mesin cetak es balok, ruangan pendingin atau biasa disebut cold room maupun cold storage, ada juga mesin pengolahan makanan seperti mesin pembuat abon ikan dan daging, mesin pembuat keripik buah atau vaccum frying, mesin pembuat bawang goreng, mesin pembuat dodol atau jenang dll. Toko mesin solusindo juga menyediakan mesin pertanian, mesin teknologi tepat guna, mesin pengemas mesin pengolahan makanan dan juga minuman, mesin buatan lokal untuk beberapa kebutuhan produksi, mesin import untuk mesin mesin khusus makanan, minuman dan mesin pendingin, serta masih banyak lagi mesin – mesin yang lainnya yang bisa kami sediakan untuk menunjang kesuksesan usaha yang anda mulai. Kami menyediakan berbagai macam mesin untuk kebutuhan usaha anda mulai dari usaha skala home industri, usaha kecil dan menengah, maupun skala industri. Toko mesin solusindo akan selalu siap membantu anda dalam memulai suatu usaha atau dalam pengembangan usaha anda dengan menyediakan berbagai macam mesin untuk menunjang usaha dengan berbagai macam kapasitas mesin yang dibutuhkan dan dapat disesuaikan dengan permintaan anda atau mesin custom, serta dapat disesuaikan dengan dana atau modal awal anda. Untuk keterangan mesin mesin industry yang lebih lengkap, dengan spesialis mesin pengolahan pengolahan padi seperti mesin ice flake, mesin ice scaler, mesin ice tube, mesin ice cube, dan juga masih banyak jenis mesin es lainnya dapat anda kunjungi di website utama kami di www.tokomesinsolusindo.co.id

Hal-hal yang melatar belakangi berdirinya Toko Mesin Solusindo adalah karena mengingat kebutuhan konsumen akan mesin teknologi tepat guna belakangan ini sangat diperlukan bagi semua pelaku usaha, mulai dari usaha perorangan, usaha home industry, maupun usaha kecil dan menengah atau UKM. Kami juga turut berpartisipasi dalam mendukung program pembangunan pemerintah dalam bidang sumber daya manusia yang mandiri, kreatif dan produktif dalam ber wirausaha. Kami juga akan terus mendukung program bantuan pemerintah dalam bidang tersebut agar tercipta masyarakat yang mandiri dan sejahtera, dan kami pun akan selalu meningkatkan inovasi serta kreatifitas kami demi terpenuhi nya kebutuhan – kebutuhan akan alat maupun mesin untuk menunjang kinerja produktifitas para masyarakat pelaku usaha. Dengan selalu memprioritaskan pada kesejahteraan masyarakat, kami pun mendedikasikan diri kepada bangsa dan masyarakat Indonesia untuk selalu memberikan inovasi yang terbaik demi terciptanya masyarakat yang mandiri dan sejahtera dengan ber wirausaha.

Anda kebingungan untuk mencari mesin apa yang cocok untuk memulai usaha anda? Kami mempunyai business consultant yang selalu siap untuk berdiskusi, bertukar pikiran, dan memberikan anda saran untuk mesin apakah yang cocok untuk kebutuhan usaha anda. Anda tidak perlu bingung untuk mencari mesin yang tepat, tetapi kamilah yang selalu siap untuk memandu anda dalam menentukan mesin yang anda butuhkan dengan hasil yang efektif. 

Anda kebingungan untuk mengoperasikan mesin yang sudah anda beli? Kami siap untuk mengirim teknisi kami ke tempat anda untuk menjelaskan tata cara penggunaan mesin sampai dengan tata cara untuk merawat mesin agar awet dan juga bekerja secara maksimal. Mulai daerah sabang sampai merauke, teknisi akan siap kami luncurkan untuk support mesin anda dari awal penggunaan sampai dengan hasil mesin sesuai fungsinya. Kami siap untuk menjadi konsultan bisnis anda dalam menentukan mesin apakah yang cocok untuk usaha baru yang akan anda geluti, dan juga alat pendukung apa yang dapat kami buatkan untuk mensukseskan usaha anda. Hotline service kami akan selalu siap sedia untuk anda jika ada kebutuhan yang ditujukan untuk mesin yang anda gunakan, atau untuk kebutuhan usaha anda yang baru, atau untuk menambah mesin untuk ekspansi usaha anda.

VISI
Menjadi perusahaan yang dapat dipercaya dan terkemuka dalam mengembangkan inovasi mesin teknologi tepat guna demi terciptanya sumber daya masyarakat yang mandiri dan sejahtera dalam ber wirausaha.

MISI
Selalu mengembangkan inovasi dan kreatifitas serta profesionalisme kerja dalam menciptakan dan mendesign mesin teknologi tepat guna demi meningkatkan produktifitas dan kesuksesan usaha masyarakat dalam ber wirausaha mandiri.

Untuk penjelasan lebih detail mengenai spesifikasi mesin dan harga mesin untuk segala kebutuhan mesin anda dengan penawaran harga terbaik silahkan menghubungi hotline service kami. Atau isikan dalam kolom komentar website kami untuk menginfokan mesin apa yang anda butuhkan beserta dengan kapasitasnya, kami akan mengirimkan lewat email kebutuhan yang anda butuhkan. Kami menyediakan mesin lokal dan juga mesin import dengan kualitas mesin terjamin dan harga mesin yang sesuai dengan budget anda. Mesin bergaransi dan juga tersedia spare part atau beberapa bagian mesin khusus yang dapat diganti. 90% mesin lokal kami dibuat dari body mesin stainless steel untuk menjaga keawetan dari mesin, ekfektifitas produksi, dan juga kemanan untuk pengolahan makanan dan minuman.

Salam Sukses
TOKO MESIN SOLUSINDO

We Serve:

Mesin Ice Maker, Cold Room, Freezer, Chiller, Mesin Pengolahan Daging, Mesin Pengolahan Ikan, Mesin Industrial, Mesin Pengolahan Makanan, Mesin Pengolahan Minuman, Mesin Pengolahan Roti, Perlengkapan Restoran & Hotel, Mesin Destilasi, Mesin Pengolahan Minyak Kelapa (VCO), Mesin Pengolahan Kompos, Mesin Pakan Ternak, Diesel, Mesin Cetak Batako, Mesin Cetak Paving, Mesin Cetak Bata Merah, Pompa Air, Mesin Cetak Bakso, Mesin Bor Tanah, Mesin Pengolahan Padi, Mesin Pengolahan Kopi, Mesin Pengering, Mesin Pengemas, Etc. (Menerima Pengerjaan Tender Diseluruh Indonesia).

Lebih baru Lebih lama