USAHA PRODUKSI GARAM LEMBUT DENGAN PAKET PENGOLAH GARAM

 Produksi Garam Dengan Paket Pembuat Garam Halus

produksi-garam-paket-pengolah-garam


Garam adalah salah satu kebutuhan utama untuk masakan, karena hampir semua masakan membutuhkan garam sebagai penyedap makanan. Jika dilihat dari kebutuhan masyarakat, tiap harinya selalu ada orang yang membutuhkan garam untuk kebutuhan memasak di dapur. Apalagi jika anda mempunyai usaha di bidang kuliner, tentunya garam akan menjadi bahan utama yang harus selalu ada di dapur anda. Bagaimana pengertian garam sendiri? Mengapa garam sangat dibutuhkan untuk keperluan memasak?. Garam dapur adalah sejenis mineral yang dapat membuat rasa asin. Biasanya garam dapur yang tersedia secara umum adalah Natrium klorida (NaCl) yang dihasilkan oleh air laut. Garam dalam bentuk alaminya adalah mineral kristal yang dikenal sebagai batu garam atau halite. Garam sangat diperlukan tubuh, namun bila dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan berbagai penyakit, termasuk tekanan darah tinggi (hipertensi). Selain itu garam juga digunakan untuk mengawetkan makanan dan sebagai bumbu. Untuk mencegah penyakit gondok, garam dapur juga sering ditambahi yodium. Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Garam_dapur

Jika dilihat dari komponen utama garam, yaitu mineral yang berasal dari air laut. Maka dari itu tidak heran jika pengolahan garam secara tradisional, sering dilakukan oleh masyarakat yang bertempat tinggal di dekat air laut. Proses pembuatan garam dengan cara tradisional dapat dibilang ada dua jenis, yaitu pertama dengan metode penguapan dengan sinar matahari, yang biasanya dilakukan di tambak tambak garam dengan cara atau teknik perebusan, yang bisa dibilang garam rebus. Untuk proses produksi garam dengan cara memanfaatkan proses uap dari sinar matahari, para petani garam biasanya membuat garam dengan metode petakan petakan untuk penguapan, untuk mendapatkan hasil garam yang baik dan menghasilkan Kristal yang besar. Petani garam biasanya secara langsung menguapkan air laut yang akan dialirkan pada petakan petakan, untuk menghasilkan kadar baume atau masa jenis cairan, atau dapat disebut dengan kepekatan atau kekentalan yang tinggi sekitar 20 – 25 Be yang diukur dengan menggunakan Baumemeter. Tetapi biasanya untuk petani tradisional mereka menggunakan insting karena mungkin sudah sering melakukan dan menjadi rutinitas, sekarang sangat jarang sekali petani tradisional menggunakan alat baumemeter. Setelah mengalirkan air pada tiap petakan untuk menghasilkan kadar baume yang diinginkan dengan teknik penguapan sinar matahari, setelah itu air laut dimasukan ke petakan khusus untuk meja garam lalu diuapkan dengan sinar matahari selama 7 hari lalu dengan sendirinya air tersebut akan berkurang dan menjadi Kristal garam. Beda halnya dengan proses perebusan garam, untuk proses pembuatan garam dengan metode perebusan yang tradisional biasanya pertama kali yaitu dengan menggunakan garam yang masih kasar yang sudah jadi lalu dilarutkan dengan air, setelah air sudah tercampur dan garam sudah terlarut air tersebut biasanya difilter (disaring) agar air jernih, setelah melalui proses penyaringan air tersebut direbus dengan menggunakan bara api sekitar 3 – 4 jam bahkan lebih, setelah itu jadilah garam rebus. Perbedaan garam rebus dengan pembuatan garam yang mengunakan teknik penguapan panas matahari ialah jika garam rebus hasilnya lebih halus sedangkan garam dengan menggunakan pemanasan matahari akan lebih kasar (Kristal garam). Namun, pada dasarnya teknik pembuatan garam itu berdasarkan hasil penguapan dari air laut baik dengan menggunakan cara direbus ataupun dengan penguapan sinar matahari. Sumber : https://dhamadharma.wordpress.com/2014/08/08/tahukah-kawan-bagaimana-proses-pembuatan-garam/
Jika kita lihat untuk kebutuhan garam di kehidupan sehari hari, tentu tidak akan pernah ada habisnya. Meski sudah banyak pengusaha garam dengan berbagai merek dan bentuk , tetap saja untuk kebutuhan garam keperluan dapur akan selalu dibutuhkan. Karena jika dilihat dari berita tahun 2016 saja, garam sudah mulai langka, karena angka dari kebutuhan garam yang meningkat drastis mencapai 4,1 juta ton, sedangkan negara meskipun sudah memiliki pabrik besar untuk produksi garam, hanya bisa menghasilkan 1,8 juta ton garam saja, masih jauh dari kebutuhan utama garam per tahunnya. Apalagi kita pasti mengetahui kebutuhan garam tersebut lebih banyak didominasi untuk keperluan industry. Tentunya jika dilihat dari hal tersebut, merupakan peluang besar untuk anda dalam membuka usaha baru pengolahan garam, karena permintaan akan garam tidak akan berhenti, malah akan bertambah terus tiap tahunnya. Dengan terbukanya usaha baru berupa produksi garam, khususnya skala menengah atau skala kecil, akan lebih membantu dalam memenuhi kebutuhan masyarakat akan garam. Karena yang lebih dominan kebutuhan garam adalah untuk keperluan industri, dan hal tersebut sudah dipasok oleh pabrik pabrik garam besar di berbagai daerah di Indonesia. Apa saja manfaat garam? Mengapa sangat dibutuhkan untuk berbagai menu masakan? Dibawah ini akan dijelaskan dengan rinci.

Pepatah pengatakan, kalau sayur tanpa garam serasa hambar dan rasanya tidak enak, bagaimana manusia bisa hidup tanpa garam?. Garam sendiri sejatinya diperlukan tubuh untuk mengimbangkan kadar cairan di dalam tubuh, karena kita juga tahu bahwa komponen utama dari garam adalah mineral yang berada di air laut. Meski garam juga bisa membawa efek negatif jika dikonsumsi terlalu banyak, tetapi tubuh kita juga membutuhkan garam. Beberapa hal yang menjadi manfaat garam untuk kesehatan yang wajib anda ketahui ada di bawah ini.

-          Melancarkan metabolisme tubuh
Manfaat garam untuk kesehatan ini bisa membantu dalam melancarkan metabolisme tubuh anda. Metabolisme tubuh yang baik akan meningkatkan fungsi sistem di dalam tubuh. Garam dapat membantu anda dalam menyerap air di dalam tubuh demi kelancaran kerja organ tubuh. Hal itu disebabkan oleh mineral dan nutrisi yang terkandung di dalam garam yang dengan mudahnya dapat menyerap di dalam darah.
-          Meringankan kondisi bronchitis dan masalah pernafasan lain
Garam juga berfungsi untuk meringankan gejala bronchitis dan sakit pernafasan , yang tentu akan membantu anda dalam mengatasi masalah masalah yang berkaitan dengan pernafasan tersebut. Garam berguna untuk menyerap ion yang berbahaya pada udara yang akan anda hirup dan membantu melawan ion berbahaya tersebut agar tidak mudah terserap ke dalam tubuh anda. Maka dari itu, tidak jarang jika garam dapat meringankan penyakit asma, bronchitis, dan gejala lain yang berhubungan dengan pernafasan kita.
-          Mencegah hiponatremia
Hiponatremia adalah suatu kondisi di mana tubuh penderita mengalami kekurangan garam dalam cairan sel tubuhnya. Biasanya cairannya akan keluar berupa keringat, diare, atau biasa dikenal dengan kondisi intoksikasi air. Tubuh membutuhkan garam karena dibutuhkan untuk mempertahankan tekanan darah yang sehat serta kelancaran fungsi saraf dan juga otot. Jika garam tidak seimbang atau tidak tercukupi kebutuhannya, maka akan terjadi ketidak seimbangan kadar air tubuh dan akhirnya akan terjadi pembengkakan di tubuh karena sel selnya akan kelebihan air.
-          Membersihkan masalah mulut dan gigi
Manfaat garam lainnya untuk kesehatan adalah garam dapat membasmi bakteri yang dapat menyebabkan infeksi di sekitar mulut anda, serta mengurangi rasa nyeri jika anda terkena sakit di bagian gigi atau gusi anda. Ngilu pada gigi akan diredakan sakitnya dengan hanya berkumur kumur dengan larutan garam atau air garam. Caranya campurkan ½ sendok the garam yang dicampur dengan secangkir air hangat. Pembengkakan pada gusi dapat dicegah, dan juga meredam rasa sakit tersebut.
-          Menjaga kesehatan pencernaan
Kalau Anda sedang diet dan tidak terdapat cukup garam pada tubuh, dampaknya akan sangat berbahaya. Tubuh tidak akan cukup menghasilkan HCl (asam klorida) dalam perut. Kondisi ini akan semakin parah jika sebelumnya Anda memiliki riwayat kesehatan pencernaan yang kurang baik, seperti asam lambung. Dengan garam yang cukup, tubuh akan mencegah naiknya asam lambung ke tenggorokan.
Selain untuk kesehatan tubuh, garam ternyata juga mempunyai manfaat untuk kecantikan. Manfaat air garam untuk kecantikan telah digunakan dari berbagai penjuru dunia dengan racikan yang tepat. Berikut ini adalah beberapa alternatif masalah kecantikan yang dapat anda manfaatkan untuk kulit hingga tubuh.
-          Garam untuk membersihkan dan mencerahkan wajah
Manfaat air garam untuk kecantikan yang pertama adalah air garam dapat membantu mencerahkan wajah anda. air garam memiliki sifat yang sangat penting untuk membunuh dan juga membersihkan kotoran serta kuman, sehingga akan sangat efektif bagi anda yang selalu ingin terlihat segar dan juga cerah. Cara memanfaatkan air garam untuk membersihkan dan mencerahkan wajah ini juga sangatlah mudah. Anda hanya perlu membasuh dan juga membersihkan wajah anda dengan menggunakan air garam secara rutin dan juga teratur, yang akan menyebabkan wajah anda menjadi lebih segar dan juga menjadi lebih cerah.


-          Mengurangi dan juga untuk menghilangkan jerawat
Manfaat lainnya dari air garam bagi kecantikan adalah mampu mengobati dan juga menghilangkan jerawat. Beberapa jenis kulit dan juga jenis jerawat akan sangat efektif pengobatannya apabila diobati dengan menggunakan air garam secara alami. Garam sendiri merupakan mineral yang sangat baik untuk membantu membersihkan dan juga membunuh kuman. Maka dari itu, air garam juga akan sangat baik untuk digunakan dalam melawan jerawat, yang kebanyakan disebabkan oleh infeksi kuman dan juga bakteri di wajah anda. Cara yang paling mudah adalah dengan secara rutin membasuh wajah anda dengan menggunakan air garam, dan apabila memungkinkan ditambah bahan – bahan alami, seperti bawang putih, olive oil aau minyak zaitun, dan masker – masker alami lainnya.

-          Garam untuk menghilangkan komedo
Komedo juga merupakan salah satu masalah kecantikan, terutama kecantikan wajah yang banyak mengganggu. Komedo merupakan bentuk kumpulan kotoran yang menumpuk di salah satu atau lebih bagian wajah. Tdak perlu membeli sabun muka yang mahal untuk menghilangkan komedo di wajah anda. cukup dengan membasuh degnan menggunakan air garam, maka komedo akan menjadi lebih cepat hilang, karena sesuai dengan sifat alami air garam, yaitu mampu membersihkan dan juga membunuh kman, bakteri, serta kotoran – kotoran yang menempel pada wajah anda.

-          Memutihkan Gigi
Gigi yang putih bersih adalah salah satu indikator kecantikan yang banyak diinginkan oleh setiap orang. Dengan gigi yang putih dan juga bersih, maka seseorang akan menjadi lebih percaya diri dan tidak malu untuk menunjukkan giginya. Hal ini tentu saja akan menambah kecantikan seseorang di mata orang lain. untuk memperoleh gigi yang putih bersih, maka anda juga tidak perlu menggunakan pasta gigi yang mahal dan berkelas. Anda bisa membuat air garam sebagai media berkumur, dan juga mengolah garam tersebut menjadi bentuk pasta, lalu kemudian pasta dari air garam tersebut anda gunakan sebagai pengganti sikat gigi. Sifat alami garam, dapat membantu membunuh bakteri dan juga membersihkan, akan membuat gigi anda menjadi lebih putih, bersih, dan tentu saja akan terlihat lebih cantik dari biasanya.

-          Mengatasi masalah kulit kering
Kulit kering dan juga bersisik adalah salah satu hal yang sangat dihindari bagi anda yang sangat menyukai kecantikan. Ya, kulit kering dan bersisik tentu saja akan menurunkan kecantikan anda. karena itu banyak cara yang akan anda lakukan untuk mencagah kulit kering dan bersisik ini. cara alami yang bisa anda lakukan adalah anda dapat mandi dengan menggunakan air garam. Banyak yang mengatakan bahwa air garam memiliki manfaat yang sangat baik untuk membantu menjaga kelembaban kulit anda, sehingga hal ini akan menyebabkan kulit kering dan juga bersisik menjadi hilang, dan akan meningkatkan kepercayaan diri anda.

-          Membunuh bakteri penyebab bau badan
Anda sudah cantik, dengan wajah yang bersinar, gigi yang putih, dan juga kulit yang halus, namun masih mengalami masalah bau badan? Jangan khawatir. Air garam juga memiliki manfaat yang sangat penting untuk membunuh bakteri dan juga kuman yang menjadi penyebab bau badan. Anda data membuat pasta dari air garam tersebut, dan menggunakannya seperti sebuah deodorant. Dengan demikian, kuuman dan juga bakteri penyebab bau badan di tubuh anda akan mati, dan bau badan anda akan hilang. Hal ini akan semakin menyempurnakan kecantikan dari diri anda secara keseluruhan.

Sesuai degan bahasan tersebut, karena garam sudah mulai langka dan harga garam pun semakin melonjak naik, maka sangat cocok untuk peluang usaha baru anda dalam memproduksi garam dan dijual di pasaran untuk permintaan pasar sehari hari nya. Dengan kemajuan teknologi yang ada sekarang ini, kami Toko mesin solusindo menyediakan beberapa mesin khusus untuk pengolahan dalam produksi garam dari proses awal sampai proses akhir pengemasan garam. Dengan mesin lokal yang sudah teruji mutu dan juga kualitasnya untuk mengolah bahan baku anda menjadi garam berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan garam yang akan anda produksi. Tersedia Paket produksi garam yang terdiri dari beberapa mesin, sama seperti proses produksi garam dengan penguapan sinar matahari, hanya saja akan lebih praktis dikarenakan menggunakan mesin, sehingga waktu untuk produksi lebih cepat dibandingkan dengan kinerja manual atau cara produksi garam tradisional. Seperti yang kita ketahui jika kita memproduksi garam dengan cara tradisional, maka kita harus punya tempat luas untuk proses penguapan dengan sinar matahari, dan itupun harus menyesuaikan dengan cuaca yang ada. Harus musim kemarau agar proses penguapan maksimal. Tetapi dengan mesin kami, dapat dilakukan tanpa memperdulikan cuaca.

            Dengan beberapa mesin kami yang ada pada paket produksi garam akan dapat membantu anda dalam produksi garam, dengan hasil maksimal. Dibawah ini akan dijelaskan mengenai beberapa mesin dari paket mesin produksi garam tentang spesifikasi dan juga kegunaannya. Tersedia dalam beberapa kapasitas produksi, sehingga akan  menyesuaikan juga dengan kebutuhan produksi anda, dan juga modal usaha anda. Sudah digunakan oleh pengusaha garam di beberapa daerah, karena proses pengolahan menggunakan mesin tidak akan memakan waktu lama, justru akan membantu dalam produksi, dan mempersingkat waktu dibandingkan dengan cara kerja produksi tradisional. Beberapa mesin tersebut seperti mesin peniris garam, mesin penghalus garam, mesin mixer garam, dan mesin oven pengering garam. Dari beberapa mesin tersebut akan berfungsi penuh untuk proses pengolahan produksi garam, sehingga runtutan pengolahan garam pun akan dijelaskan di bawah ini.

1. Mesin peniris garam
Bahan baku garam yang akan diolah dicuci terlebih dahulu, sehingga akan terpisah dari kotoran yang masih tercampur diantara garam yang akan diolah. Pencucian garam dapat dilakukan langsung dengan air, atau memang sudah terdapat garam yang bersih tanpa ada campuran kotoran saat proses pengambilan garamnya. Petani garam harus memperhatikan bahan baku garam yang akan diolah, karena saat pengambilan bahan baku awal masih tercampur dengan sisa sisa kotoran yang ada di garam tersebut. Jika sudah bersih dan sudah dicuci, maka langkah selanjutnya adalah menggunakan mesin peniris garam. Mesin ini berfungsi untuk mengurangi kadar air pada garam setelah proses pencucian garam. Garam yang diolah harus bersih karena berkaitan dengan hasil produk garam nantinya. Kualitas dari garam akan ditentukan dari bersih atau tidaknya pengolahan dari awal sampai akhir. Sistem kinerja dari mesin peniris garam sederhana, tetapi sangat berguna untuk proses pengurangan kadar air garam. Sering juga digunakan untuk mengurangi kadar air minyak produk, hanya saja untuk paket mesin garam ini dibuat khusus, karena bahan baku yang digunakan adalah bahan baku garam yang bentuknya butiran garam kecil. Anda hanya tinggal memasukkan bahan baku garam ke dalam mesin, lalu akan melalui proses pengeringan atau pengurangan kadar air, lalu tanpa perlu waktu yang lama, proses mesin dilakukan. Dan anda dapat menghasilkan garam yang sudah berkurang kadar air nya. Proses ini perlu dilakukan, sebelum masuk ke langkah selanjutnya dalam produksi garam. Karena jika setelah dicuci tetapi garam tidak ditiriskan terlebih dahulu, akan memberatkan bahan dan juga proses selanjutnya akan terganggu.

mesin-peniris-garam


Dengan body mesin terbuat dari stainless steel sehingga akan sangat cocok untuk pengolahan garam, karena bahan baku akan tetap bersih dan higienis. Proses mesin peniris garam ini adalah berputar dengan kecepatan stabil, sehingga bahan baku tidak akan sampai keluar dari body mesin, dan proses pengurangan kadar air atau penirisan pun berjalan maksimal. Sering disebut dengan mesin spinner, hanya saja untuk proses peniris garam ini berbeda di keranjangnya karena keranjang yang dibutuhkan memerlukan mesh yang sangat kecil agar bahan baku tidak berhamburan keluar atau ikut keluar di bagian output mesin atau tempat keluarnya air. Menggunakan penggerak dynamo listrik, menyesuaikan dengan kebutuhan produksi dan kapasitas produksi mesin. Dinamo berfungsi untuk menjaga perputaran mesin agar stabil. Jika ingin perputaran perlahan, maka dapat ditambahkan dengan gearbox agar perputaran dari dynamo dapat dinetralkan dengan perbandingan transmisi gearbox. Panel On/Off akan memudahkan anda untuk menghidupkan dan mematikan mesin, tentu aman untuk segi kelistrikannya. Untuk output mesin, dengan pipa kecil yang digunakan untuk jalan keluar dari air yang telah ditiriskan. Jika anda menginginkan property khusus seperti tutup mesin, kami bisa menyiapkannya. Karena untuk kinerja dari mesin peniris garam akan lebih maksimal jika tanpa menggunakan tutup, dikarenakan sirkulasi udara di luar mesin juga akan membantu proses penirisan. Selain digunakan untuk garam, mesin peniris ini juga sering digunakan untuk usaha keripik buah, usaha peras madu, usaha peras santan, dan beberapa bahan baku lainnya yang berkaitan dengan pengurangan kadar air atau proses penirisan. Proses cepat karena tidak akan memakan waktu lebih dari 10 menit, bahan baku dapat ditiriskan secara maksimal. Untuk desain dari frame atau peyangga mesin ini dapat anda usulkan sesuai dengan kebutuhan anda, dengan tanpa mengubah fungsi dari proses penirisan.

2. Mesin penghalus garam
Tahap selanjutnya setelah bahan baku dicuci lalu ditiriskan kadar airnya, yaitu melalui proses penghalusan garam, sehingga bahan baku yang sebelumnya kasar setelah ditiriskan di mesin peniris garam, akan menjadi halus sebelum diolah ke tahap selanjutnya. Sistem yang digunakan oleh mesin penghalus garam ini dengan roll kasar yang akan melumat dan juga menghaluskan garam. Untuk tingkat kehalusan sendiri juga dapat diatur dan ditentukan sesuai dengan kebutuhan produksi garam anda. Yang akan dirubah adalah kerapatan dari kedua roll penghalus tersebut, sehingga tingkat kehalusan garam pun dapat diatur dari awal sebelum proses dilakukan. Untuk mendapatkan ukuran atau tingkat kehalusan yang diinginkan, dengan cara uji coba terlebih dahulu, bahan baku garam yang masih kasar dimasukkan beberapa ke dalam mesin, sambil proses setting untuk ukuran yang pas untuk kehalusannya. Bahan akan terus diolah sampai menghasilkan ukuran kehalusan yang diinginkan. Setelah setting mesin pas, maka anda tidak perlu merubah lagi, dan tinggal melakukan proses produksi berulang kali. Sistem roll tentunya akan jauh lebih efektif dalam menghaluskan garam, karena pertemuan antar dua roll akan benar benar memipihkan bagian dari garam yang masih kasar, karena roll terus berputar secara stabil. Mesin ini dapat menghaluskan garam tambak krosok atau garam yang masih kasar setelah proses pengeringan di tambak, dan akan menjadi garam dapur yang halus, dengan kelembutan dan kehalusan / mesh yang diinginkan. Untuk garam dapur, tentunya untuk menarik minat pembeli, struktur dari garam sendiri cenderung lembut dan halus. Apalagi jika anda membeli garam untuk keperluan memasak, pastinya anda memilih garam halus karena akan mudah larut dalam masakan, dan lebih cepat memberikan rasa pada makanan. Proses dari mesin penghalus garam  pun tidak memakan waktu lama, sehingga akan sangat cocok untuk proses produksi garam daripada proses pembuatan dengan cara tradisional. Setelah gambar mesin akan dijelaskan spesifikasi mesin penghalus garam secara sederhana.

mesin-penghalus-garam


Penggerak dari mesin penghalus garam adalah diesel, sehingga kekuatan dari penghalusan terjamin dan juga hasil dari proses penghalusan akan cepat keluar. Diesel juga akan berpengaruh pada proses perputaran roll, sehingga perputaran dari dua roll akan stabil. Frame dari mesin terbuat dari besi, sehingga mesin akan kokoh meski penggerak menggunakan diesel dan proses penghalusan berjalan secara kontinyu. Anda hanya tinggal memasukkan bahan baku garam kasar ke dalam mesin, lalu nyalakan mesin  dan proses pun dapat dijalankan. Siapkan wadah untuk menampung hasil dari penggilingan garam, karena mesin akan berjalan secara berkala dan sesaat setelah bahan baku dimasukkan, hasil dari penghalusan garam pun akan langsung keluar. Roll halus dari mesin penghalus garam menggunakan plat korporasi untuk proses menghaluskan sampai dengan ukuran mesh yang diinginkan. Sehingga dari garam yang sebelumnya kasar akan diolah sampai benar benar halus dan mempunyai butiran yang sama antara satu dengan yang lainnya. Proses penghalusan bisa dibilang langkah yang ke dua untuk proses produksi garam, karena proses penghalusan garam akan membuat bentuk garam sama dan hasil olahan pun akan meratakan garam sehingga bagus di segi tampilan produknya. Proses pengolahan garam pada mesin penghalus garam akan tetap terjaga higienis dari bahan baku, sehingga kualitas dari garam yang anda produksi pun akan terjamin karena tetap bersih sampai ke tahap olahan selanjutnya.

3. Mesin Mixer Garam
Tahap selanjutnya setelah garam tersebut di haluskan pada mesin sebelumnya, sekarang adalah proses untuk pencampuran antara hasil garam yang sudah halus dengan campuran untuk proses produksi garam. Seperti mencampurkan kandungan yodium ataupun dengan zat zat pencampur lainnya sehingga garam tersebut dapat memiliki kualitas yang bagus serta akan memiliki nilai jual lebih. Dari ketentuan untuk menjual garam di pasaran pun mempunyai kadar kualitas yang sudah ditentukan, sehingga para produsen garam tidak seenaknya sendiri dalam menentukan bahan yang digunakan untuk campuran garam, serta harus ada kandungan yang harus dipenuhi agar garam yang diproduksi dapat dijual di pasaran. Pada tahap pencampuran garam atau proses mix ini dapat digunakan dengan mesin mixer garam. Jika kita lihat pabrik besar produksi garam, pasti ada salah satu mesin khusus untuk pencampuran bahan garam, karena dari proses mix atau pencampuran sendiri sudah teruji kualitasnya. Mesin mixer garam dengan langkah yang mudah, anda tinggal memasukkan bahan baku berupa garam dan campuran garam lainnya ke dalam wadah penampungan, lalu proses penggerak pun dijalankan. Dengan menggunakan penggerak diesel, tentu akan menstabilkan kecepatan dari proses pengadukan bahan. Pengaduk berputar secara stabil dan proses adukan tidak terlalu cepat, sehingga akan memastikan bahan baku yang digunakan akan tercampur merata sampai ke semua bagian dari bahan baku. Mesin mixer ini sering juga digunakan untuk produksi abon, atau untuk mengaduk beberapa jenis adonan seperti adonan kerupuk, adonan kue. Jika digunakan untuk produksi abon, maka ditambah dengan burner di bawah bagian wadah penampung bahan, untuk langsung mengaduk sekaligus dengan memasak. Sedangkan untuk adonan kerupuk, adonan garam, tidak perlu menggunakan burner, dikarenakan hanya diperlukan proses pencampuran saja antara garam dengan campuran zat lainnya. Setelah gambar di bawah ini akan dijelaskan secara sederhana mengenai spesifikasi mesin mixer garam.

mesin-mixer-garam


Mesin mixer garam dengan body penampungan bahan terbuat dari stainless steel sehingga akan tetap terjaga kebersihan bahan yang diolah. Juga dari segi pengaduk terbuat dari stainless steel karena bahan tersebut anti karat. Penggerak menggunakan diesel untuk proses menggerakkan pengaduk dengan kecepatan stabil. Jika anda menginginkan proses pengadukan perlahan, maka dapat di transmisi kan dengan gear box sehingga perputaran adonan akan lebih pelan. Bahan diusahakan tidak terlalu penuh, karena proses pengadukan akan sangat berat dan tidak akan maksimal untuk proses pengadukan. Wadah dari mesin mixer garam ini dapat dimiringkan, sehingga akan memudahkan anda dalam proses pengambilan hasil dari adukan garam dan pencampur nya. Frame mesin terbuat dari mild steel sehingga dapat menjaga keseimbangan mesin meski penggerak mesin bertenaga tinggi. Garam harus diolah dengan yodium atau zat lainnya karena sudah ada standard sendiri untuk proses produksi garam. Tidak boleh sembarangan bahkan menyalahi aturan dalam produksi garam, karena kandungan dari garam tersebut sudah ditentukan, sehingga hal tersebut yang dapat memastikan produk garam anda dapat dijual di pasaran atau tidak.

4. Mesin pengering Garam
Untuk langkah terakhir setelah proses penggilingan atau mengaduk merata dengan zat yang harus ada pada kandungan bahan, lalu selanjutnya adalah proses pengeringan garam. Hampir sama dengan cara mengeringkan dengan sinar matahari seperti diletakkan di tambak, tetapi khusus dengan mesin pengering garam , anda tidak perlu menunggu cuaca cerah atau menunggu sinar matahari saat terang benderang, karena mesin ini akan menggantikan proses tersebut. Biasanya proses pengeringan manual dengan cara dijemur akan banyak mengalami kendala, karena harus memperhatikan cuaca. Karena apabila cuaca hujan atau mendung, maka proses produksi garam pun akan terganggu atau bahkan harus berhenti sejenak. Tetapi dengan menggunakan mesin pengering garam kami, tidak memperdulikan cuaca, karena proses pengeringan dapat dilakukan sewaktu waktu, bahkan anda dapat mengoperasikan mesin pengering garam ini sampai dengan 24 jam non stop. Dengan cara pengeringan seperti ini tentu akan mempermudah anda, karena anda juga dapat mengawasi beberapa kali saja, tidak perlu harus selalu diawasi seperti saat penjemuran manual karena khawatir cuaca. Setelah gambar akan dijelaskan secara sederhana mengenai spesifikasi dari mesin pengering garam.

mesin-oven-pengering-garam


Mesin oven khusus untuk pengeringan pengganti sinar matahari. Dengan body mesin keseluruhan terbuat dari stainless steel sehingga akan cocok untuk pengolahan bahan makanan. Sering diaplikasikan untuk bahan  baku seperti kerang, jagung, beras, umbi, keripik, kerupuk, dan masih banyak lagi bahan lainnya.Tersedia dalam beberapa tipe, dengan membedakannya dari jumlah rak yang digunakan untuk penampungan bahan baku. Burner bagian bawah mesin adalah proses untuk pengeringan, dipadu dengan sistem control suhu, sehingga suhu tidak akan naik lagi dari suhu utama yang sudah di setting dari awal. Untuk meratakan hawa panas saat proses pengeringan, di dalam mesin oven pengering ini ada sistem blower, sehingga hawa panas akan diratakan sampai dengan seluruh bagian mesin. Sehingga antara rak atas, rak tengah,  dan juga rak bawah akan dikeringkan seraca bersama sama, tidak hanya bagian bawah yang dekat dengan burner yang akan kering terlebih dahulu.  
            Sangat cocok untuk anda yang ingin memulai usaha garam, karena paket mesin produksi garam kami sudah digunakan oleh beberapa pengusaha garam di daerah di Indonesia, dengan kualitas mutu yang sudah terjamin. Tersedia garansi untuk setiap pembelian mesin, dari paket mesin ataupun per unit mesinnya. Jika anda membutuhkan proses trial atau ingin diberitahu cara kerja mesin dari awal sampe akhir, anda dapat menghubungi teknisi kami, atau teknisi kami dapat langsung ke tempat anda untuk menjelaskan secara detail.

Demikian penjabaran serta penjelasan dari kami mengenai Cara Mengolah Garam dengan Paket Mesin Garam Serbaguna. Dimulai dari pembahasan mengenai kebutuhan bawang dengan sederhana, dan juga mengapa bawang diminati oleh masyarakat dan melihat peluang berdasarkan minat produksi dan penjualan bawang di masyarakat. Pembahasan akhir sedikit membahas tentang mesin mesin yang berhubugan dengan lancarnya produksi bawang untuk dijadikan peluang usaha baru dengan cara praktis, begitu pula dengan mesin mesin pendukung lain untuk melancarkan proses pembuatan bawang. Berbagi ilmu dan juga peluang bisnis tentunya menjadi tugas kami untuk membuka referensi anda mengenai peluang usaha yang dapat anda tekuni, terutama di bahasan ini dalam bidang produksi bawang, dengan bentuk bulat, bentuk pipih, ataupun dengan bahan baja. Semoga informasi yang kami berikan ini dapat memberikan manfaat serta motivasi bagi anda dalam memulai suatu usaha UKM maupun untuk mengembangkan usaha anda dalam bidang produksi di berbagai bidang tersebut. Apabila anda masih memiliki pertanyaan seputar mesin-mesin yang akan anda butuhkan, jangan segan – segan untuk menghubungi kami dan berkonsultasi dengan kami karena kami akan selalu siap membantu anda demi kesuksesan usaha anda. Didalam setiap perkembangan teknologi yang kami berikan, kami selalu bekerja secara professional, kreatif, inovatif dan selalu mendedikasikan diri kepada bangsa dan masyarakat Indonesia pada umumnya agar dapat berkarya secara maksimal dan lebih mencintai produk – produk Indonesia demi kesejahteraan masyarakat dengan ber wirausaha. Jangan takut untuk memulai usaha dengan kami sebagai mitra bisnis anda, karena kami akan selalu memberikan pelayanan terbaik untuk mesin-mesin yang anda butuhkan.

Toko Mesin Solusindo adalah salah satu perusahaan yang berlokasi di Malang Jawa Timur yang bergerak di bidang produksi mesin dan supplier mesin dengan berbagai macam kebutuhan mesin anda mulai dari mesin pendingin seperti mesin pembuat es tube, mesin cetak es balok, ruangan pendingin atau biasa disebut cold room maupun cold storage, ada juga mesin pengolahan makanan seperti mesin pembuat abon ikan dan daging, mesin pembuat keripik buah atau vaccum frying, mesin pembuat bawang goreng, mesin pembuat dodol atau jenang dll. Toko mesin solusindo juga menyediakan mesin pertanian, mesin teknologi tepat guna, mesin pengemas mesin pengolahan makanan dan juga minuman, mesin buatan lokal untuk beberapa kebutuhan produksi, mesin import untuk mesin mesin khusus makanan, minuman dan mesin pendingin, serta masih banyak lagi mesin – mesin yang lainnya yang bisa kami sediakan untuk menunjang kesuksesan usaha yang anda mulai. Kami menyediakan berbagai macam mesin untuk kebutuhan usaha anda mulai dari usaha skala home industri, usaha kecil dan menengah, maupun skala industri. Toko mesin solusindo akan selalu siap membantu anda dalam memulai suatu usaha atau dalam pengembangan usaha anda dengan menyediakan berbagai macam mesin untuk menunjang usaha dengan berbagai macam kapasitas mesin yang dibutuhkan dan dapat disesuaikan dengan permintaan anda atau mesin custom, serta dapat disesuaikan dengan dana atau modal awal anda. Untuk keterangan mesin mesin industry yang lebih lengkap, dengan spesialis mesin pengolahan es batu seperti mesin ice flake, mesin ice scaler, mesin ice tube, mesin ice cube, dan juga masih banyak jenis mesin es lainnya dapat anda kunjungi di website utama kami di www.tokomesinsolusindo.co.id
Hal-hal yang melatar belakangi berdirinya Toko Mesin Solusindo adalah karena mengingat kebutuhan konsumen akan mesin teknologi tepat guna belakangan ini sangat diperlukan bagi semua pelaku usaha, mulai dari usaha perorangan, usaha home industry, maupun usaha kecil dan menengah atau UKM. Kami juga turut berpartisipasi dalam mendukung program pembangunan pemerintah dalam bidang sumber daya manusia yang mandiri, kreatif dan produktif dalam ber wirausaha. Kami juga akan terus mendukung program bantuan pemerintah dalam bidang tersebut agar tercipta masyarakat yang mandiri dan sejahtera, dan kami pun akan selalu meningkatkan inovasi serta kreatifitas kami demi terpenuhi nya kebutuhan – kebutuhan akan alat maupun mesin untuk menunjang kinerja produktifitas para masyarakat pelaku usaha. Dengan selalu memprioritaskan pada kesejahteraan masyarakat, kami pun mendedikasikan diri kepada bangsa dan masyarakat Indonesia untuk selalu memberikan inovasi yang terbaik demi terciptanya masyarakat yang mandiri dan sejahtera dengan ber wirausaha.

Anda kebingungan untuk mencari mesin apa yang cocok untuk memulai usaha anda? Kami mempunyai business consultant yang selalu siap untuk berdiskusi, bertukar pikiran, dan memberikan anda saran untuk mesin apakah yang cocok untuk kebutuhan usaha anda. Anda tidak perlu bingung untuk mencari mesin yang tepat, tetapi kamilah yang selalu siap untuk memandu anda dalam menentukan mesin yang anda butuhkan dengan hasil yang efektif. 

Anda kebingungan untuk mengoperasikan mesin yang sudah anda beli? Kami siap untuk mengirim teknisi kami ke tempat anda untuk menjelaskan tata cara penggunaan mesin sampai dengan tata cara untuk merawat mesin agar awet dan juga bekerja secara maksimal. Mulai daerah sabang sampai merauke, teknisi akan siap kami luncurkan untuk support mesin anda dari awal penggunaan sampai dengan hasil mesin sesuai fungsinya. Kami siap untuk menjadi konsultan bisnis anda dalam menentukan mesin apakah yang cocok untuk usaha baru yang akan anda geluti, dan juga alat pendukung apa yang dapat kami buatkan untuk mensukseskan usaha anda. Hotline service kami akan selalu siap sedia untuk anda jika ada kebutuhan yang ditujukan untuk mesin yang anda gunakan, atau untuk kebutuhan usaha anda yang baru, atau untuk menambah mesin untuk ekspansi usaha anda.

VISI
Menjadi perusahaan yang dapat dipercaya dan terkemuka dalam mengembangkan inovasi mesin teknologi tepat guna demi terciptanya sumber daya masyarakat yang mandiri dan sejahtera dalam ber wirausaha.

MISI
Selalu mengembangkan inovasi dan kreatifitas serta profesionalisme kerja dalam menciptakan dan mendesign mesin teknologi tepat guna demi meningkatkan produktifitas dan kesuksesan usaha masyarakat dalam ber wirausaha mandiri.

Untuk penjelasan lebih detail mengenai spesifikasi mesin dan harga mesin untuk segala kebutuhan mesin anda dengan penawaran harga terbaik silahkan menghubungi hotline service kami. Atau isikan dalam kolom komentar website kami untuk menginfokan mesin apa yang anda butuhkan beserta dengan kapasitasnya, kami akan mengirimkan lewat email kebutuhan yang anda butuhkan. Kami menyediakan mesin lokal dan juga mesin import dengan kualitas mesin terjamin dan harga mesin yang sesuai dengan budget anda. Mesin bergaransi dan juga tersedia spare part atau beberapa bagian mesin khusus yang dapat diganti. 90% mesin lokal kami dibuat dari body mesin stainless steel untuk menjaga keawetan dari mesin, ekfektifitas produksi, dan juga kemanan untuk pengolahan makanan dan minuman.

Salam Sukses
TOKO MESIN SOLUSINDO

We Serve:

Mesin Ice Maker, Cold Room, Freezer, Chiller, Mesin Pengolahan Daging, Mesin Pengolahan Ikan, Mesin Industrial, Mesin Pengolahan Makanan, Mesin Pengolahan Minuman, Mesin Pengolahan Roti, Perlengkapan Restoran & Hotel, Mesin Destilasi, Mesin Pengolahan Minyak Kelapa (VCO), Mesin Pengolahan Kompos, Mesin Pakan Ternak, Diesel, Mesin Cetak Batako, Mesin Cetak Paving, Mesin Cetak Bata Merah, Pompa Air, Mesin Cetak Bakso, Mesin Bor Tanah, Mesin Pengolahan Padi, Mesin Pengolahan Kopi, Mesin Pengering, Mesin Pengemas, Etc. (Menerima Pengerjaan Tender Diseluruh Indonesia).


Lebih baru Lebih lama