Peluang Usaha Pengolahan Ayam Potong



usaha-ayam-potong

            Ayam potong adalah salah satu jenis hewan unggas yang dibudidayakan, atau dikembang biakkan untuk diambil daging dan telurnya.  Ayam potong atu ayam pedaging meripakan salah satu dari beberapa jenis ayam yang ada. Ayam jenis ini memiliki tekstur daging yang empuk dan lembut sehingga sangat cocok untuk dijadikan lauk makanan sehari-hari. Permintaan akan ayam potong akan terus meningkat dikarenakan ayam potong dapat digolongkan menjadi kebutuhan pokok untuk makanan khususnya untuk usaha makanan dengan ayam sebagai menu utamanya. Usaha beternak ayam sebenarnya sudah dijalankan sejak dahulu kala, dimana di daerah pedesaan setiap rumah memiliki ayam yang diternak, namun jenis ayam yang diternak juga beragam, seperti ayam kampong, yang sangat lama masa pertumbuhannya. Jika dibandingkan dengan ayam potong, tentu ayam potong adalah yang paling pas untuk peluang usaha ternak. Sehingga jika anda akan menggeluti usaha di bidang peternakan yaitu pengolahan ayam potong, maka itu adalah bisnis yang sangat menjanjikan. Sebelum membahas lebih jauh tentang ternak ayam potong, kita lihat dulu bagaimana peluang pasarnya, sehingga akan lebih meyakinkan anda sebelum memulai bisnis ternak ayam potong ini. Siapa sajakah konsumen ayam potong? Dan siapa sajakah yang membutuhkan ayam potong? . Permintaan ayam potong di Indonesia ternyata memang relative tinggi, baik di hari normal ataupun ketika hari besar, hari raya atau musim musim tertentu dan sifatnya sporadic. Meski setiap kalangan masyarakat gemar untuk menkonsumsi daging ayam, dapat dikategorikan masyarakat kelas menengah lebih umum untuk memilih daging ayam daripada daging ikan sebagai termasuk makanan pokok setelah tahu , tempe, atau makanan lainnya. Permintaan ayam potong yang sangat tinggi, tetapi supply ayam potong terutama jenis ayam broiler yang digemari oleh konsumen di pasar tidak sepenuhnya mampu memenuhi permintaan. Terutara untuk pasar dengan membutuhkan jumlah besar seperti restoran atau rumah makan. Tentunya hal ini menjadi inspirasi untuk usaha modal kecil pemotongan ayam. 

            Disetiap kalangan masyarakat semua gemar mengkonsumsi daging ayam potong, untuk konsumsi pribadi, untuk pengolahan produksi, dan juga untuk penjualan sehari-harinya. Sehingga potensi peluang usaha baru di bidang peternakan ayam potong ini tidak akan pernah surut jumlahnya, ditambah lagi dengan padatnya penduduk tentu akan menambah peluang untuk membutuhkan ayam potong. Untuk pasar dalam tingkat kecil anda dapat memasarkannya ke pasar lokal, atau dapat anda jual mandiri atau dengan mitra jual sehingga anda dapat menjual produk anda berupa ayam potong dengan jumlah besar. Jika anda dapat menembus pasar yang lebih besar dari pasar lokal, seperti stok untuk rumah makan, restoran, hotel yang membutuhkan stok ayam dalam jumlah besar, maka dapat dipastikan keuntungan yang akan anda dapatkan akan semakin meningkat. Pelaku usaha harus jeli dalam menemukan pasar yang belum dapat dipenuhi permintaannya khususnya dalam kebutuhan daging ayam potong dalam jumlah yang banyak. Menjalin kerjasama dengan pedagang pasar, atau pelaku usaha kuliner dapat menjadi salah satu cara untuk mengambil peluang pasar. Setelah mendapatkan konsumen atau pembeli tetap ataupun pembeli harian, perlu pula menjalin kerjasama dengan supplier atau peternak ayam pedaging atau ayam broiler sehingga untuk tiap harinya anda tidak perlu bingung untuk memenuhi kebutuhan ayam pedaging yang butuh dipotong. Karena jika kebetulan anda mendapatkan kebutuhan ayam potong dalam jumlah yang banyak, maka anda tidak akan kesulitan dalam memenuhi permintaan tersebut dikarenakan anda dapat mencapai kapasitas pemotongan. Untuk memulai bisnis pengolahan ayam potong secara bertahap, dimulai dari usaha dengan skala modal kecil dengan supplai ayam potong dalam jumlah yang tidak banyak, tetapi dapat tiap hari untuk proses pemotongannya. Bertahap dari memperbesar jangkauan pasar hingga mempunyai pelanggan harian atau mitra bisnis yang membutuhkan supplai daging ayam siap potong tiap harinya, lalu anda akan siap untuk menampung produksi ayam potong dalam jumlah yang besar. Tentu dengan modal kecil tetapi jika anda sudah mempunyai pasar tetap, akan menjanjikan keuntungan bagi anda perharinya, untuk modal berikutnya dalam mengembangkan usaha, atau bahkan anda dapat berlanjut ke produksi massal dengan menggunakan alat pemotongan hewan otomatis yang dapat memproduksi dalam skala besar.

            Selain peternakan ayam potong yang dijadikan peluang usaha baru, pengolahan ayam potong pun juga dapat dijadikan peluang baru untuk usaha dikarenakan beberapa konsumen tertentu hanya ingin membeli daging ayam potong yang sudah siap dimasak atau diolah, tidak dengan ayam potong dalam kondisi utuh atau masih hidup. Bagaimana cara untuk mengolah ayam potong dari posisi utuh sampai dengan daging ayam potong yang siap diolah itulah menjadi salah satu peluang usaha yang dapat dimanfaatkan pengusaha baru. Kebersihan dan juga hasil daging yang berkualitas lah yang akan menang di pasaran. Untuk konsumen yang membeli dalam jumlah besar seperti restoran, rumah makan, dan juga hotel, tentunya lebih memilih untuk membeli produk ayam potong yang sudah siap masak dikarenakan tidak memerlukan waktu banyak untuk mengolah ayam potong dari awal. Pengolahan ayam potong pun juga diminati pasar lokal dikarenakan konsumen di pasar tradisional juga membutuhkan ayam potong dengan kapasitas kecil alias ayam yang sudah terpotong kecil-kecil, tentunya juga ayam potong yang sudah diolah bersih tanpa bulu. Peluang usaha baru pengolahan ayam potong juga menjanjikan dikarenakan jika bekerja sama dengan peternak ayam potong, tentu permintaan ayam potong dengan kondisi bersih pun akan terus bermunculan. Peternak ayam potong dan pengolah ayam potong akan menjadi 2 peluang usaha yang menjanjikan keuntungan dikarenakan tidak terbatas dengan waktu atau musim, dan juga permintaan yang akan terus meningkat. Per tahunnya permintaan untuk ayam potong dan ayam potong yang telah diolah pun terus meningkat, akan sangat cocok untuk usaha baru yang akan anda mulai. Mencari konsumen atau permintaan pasar adalah hal utama yang harus menggunakan strategi dalam peluang usaha ini, karena jika kita sudah mempunyai pasar tetap, maka kita pun dapat memproduksi ayam potong per harinya dan tentu keuntungan akan mendapatkan dana segat setiap harinya. Jika kita lihat dari perkembangan jumlah penduduk tiap tahunnya, juga semakin banyak rumah makan atau restoran yang tentu ada yang membutuhkan daging ayam sebagai menu utama nya, maka hal tersebut juga menjadi peluang besar untuk anda sebagai penyetok atau tempat supplai ayam pedaging, yang tentunya anda menjual daging ayam potong dengan kualitas dan harga yang dapat bersaing dengan pengusaha lainnya.

Jenis Ternak Ayam Potong

Untuk jenis ayam potong sendiri saat ini ada bermacam-macam. Ayam potong sendiri adalah ayam yang dibudidayakan untuk diambil dagingnya. Selain diambil telurnya, ayam juga digemari untuk dagingnya dikarenakan dapat dijadikan makanan dengan olahan yang dapat bervariasi. Peternakan ayam di Indonesia telah tumbuh cepat, dengan bertambahnya jumlah peternak baru untuk mencukupi kebutuhan pasar akan ayam pedaging atau sebutan untuk ayam potong. Dahulu ayam pedaging atau ayam potong hanyalah beberapa jenis saja, dikarenakan di Indonesia masih dalam tahap ternak ayam potong awal dan berkembang sedikit demi sedikit. Setelah ditemukan beberapa macam varietas ayam hibrida potong, peternak pun menemukan jenis ayam potong yang sangat cocok untuk diternak dikarenakan efisien waktu dan juga beberapa hal lainnya atau dapat disebut dengan ayam broiler.  Sedangkan ayam broiler sendiri memiliki beberapa jenis yang masing-masing jenis ayam tersebut memiliki keunggulan tertentu. Keunggulan dari ayam broiler menjadi salah satu acuan dari konsumen untuk memilih ayam broiler manakah yang cocok untuk dikonsumsi. Karena dari beberapa jenis ayam broiler sendiri, berbeda dari segi harga dan juga kualitas daging. Meski tidak sulit untuk mendapatkan ayam broiler di beberapa jenis dimanapun kita mencarinya, tetapi memperhatikan kualitas daging juga diperlukan, khususnya untuk peluang usaha baru dalah usaha pemotongan ayam potong, dikarenakan pelanggan atau konsumen juga terkadang mengetahui jenis ayam broiler tersebut, dan menginginkan salah satu dari beberapa jenis ayam broiler yang ada. Sebelum anda memulai bisnis ternak ayam potong, sebaiknya kita terlebih dahulu mengetahui jenis apa saja dari ayam potong tersebut. Sehingga anda dapat membedakan antara satu jenis ayam potong dengan jenis lainnya, dan anda dapat menjadikan jenis ayam potong tersebut untuk bahan usaha anda, dengan memperhatikan kualitas daging dan juga beberapa hal lainnya yang dapat menunjang usaha ayam potong anda.

1. Ayam buras
Ayam buras atau ayam bukan ras secara genetic memiliki fase pertumbuhan yang lebih lambat dibandingkan dengan ayam lainnya. Berat tubuh ayam potong untuk penjualan ideal yaitu 1 – 1,5Kg saja membutuhkan waktu sekitar 6-8 bulan. Meski kekurangan dari ayam buras ini di waktu pemeliharaannya yang lama, namun daging dari jenis ayam potong (ayam buras) ini lebih unggul dibandingkan dengan jenis ayam lainnya. Kualitas dagingnya sangat baik karena mempunyai jaringan ikat yang rapat dan juga kuat. 

2. Ayam ras afkir
Ayam ras afkir adalah ayam-ayam petelur yang telah habis masa produksinya. Ayam jenis ini adalah sebutan dari ayam yang tidak lagi menghasilkan telur. Pada ayam potong jenis ras afkir ini memiliki berat rata-rata 2 – 2,5 Kg dengan usia antara 18-20 bulan. Kualitas daging dari ayam ras afkir ini kurang baik disebabkan oleh kandungan lemak yang cukup tinggi, meskipun kepadatan jaringan ikat daging dalam kategori yang baik.

3. Ayam broiler
Ayam broiler adalah jenis ayam potong yang paling banyak digemari untuk dikonsumsi. Ayam dengan warna putih adalah ciri khas dari ayam broiler. Bulunya yang tebal dengan tingkan perkembangan yang jauh lebih cepat dibandingkan dengan ayam buras. Jaringan ikat daging dari ayam broiler memiliki jaringan yang lunak, pada umumnya dipelihara untuk dipotong pada rentang waktu antara 5-7 minggu. Berat ayam broiler pada waktu tersebut diperkirakan mencapat 1,3 hingga 1,8 Kg.

4. Ayam ras pejantan
Ayam ras pejantan adalah jenis ayam yang berasal dari golongan ayam petelur dengan jenis kelamin jantan. Tujuan utama ayam tersebut dipelihara adalah untuk dijadikan ayam pedaging. Kualitas daging ayam ras pejantan ini lebih baik daripada ayam broiler. Ayam ras pejantan memiliki tingkat perkembangan yang lebih lambar daripada ayam broiler.

5. Ayam Jabro
Ayam jabro adalah jenis ayam potong dari persilangan antara jenis ayam broiler dengan ayam ras petelur. Ayam potong jenis ini memiliki berat badan diantara 0,5 – 1Kg dengan usia antara 2-4 bulan. Untuk kualitas daging dari ayam jabro setara dengan kualitas daging ayam ras pejantan. Tingkat perkembangan dari ayam jabro lebih cepat dibandingkan dengan ayam buras, tetapi lebih lambat dibandingkan dengan ayam broiler.

Jaringan ikat daging yang rapat akan menentukan juga kualitas protein yang terkandung pada daging. Jaringan ikat mempunyai fungsi untuk pengikat bagian bagian daging serta mempertautkan bagian tersebut ke tulang. Jaringan ikat yang penting adalah serabut kolagen, serabut retikulin, serta serabut elastin. Serabut kolagen sangat utama mengandung protein kolagen yang berwarna putih, yang banyak terdapat pada tendon (jaringan ikat yang menghubungkan antara daging dan tulang). Serabut retikulin, mempunyai karakteristik mirip kolagen tetapi tidak terhidrolisa oleh panas, dan banyak terdapat dalam dinding sel atau di serabut otot. Sedangkan serabut elastin yang komponen utamanya adalah protein elastin, yang berwarna kuning tidak dapat terdegradasi oleh panas, tetapi jika ada tidak mempengaruhi kualitas daging karena biasanya hanya ada dalam jumlah yang kecil. Tulang merupakan pertautan dari daging. Dalam bagian otot terdapat jaringan ikat yang membentuk sekat sekat yang menyelubungi kelompok serabut otot atau dapat disebut dengan bundle serabut otot. Sekat sekat tersebut adalah perimicium yang banyak mengandung urat darah dan urat saraf. Masing masing serabut otot dilindungi oleh membrane jaringan ikat yang tipis atau disebut dengan endomicium. Daging tersusun atas serabut serabut otot dan terikat bersama sama oleh suatu jaringan ikat. Maka dari itu jaringan ikat dari sebuah daging juga menentukan kualitas dari daging tersebut dikarenakan jaringan ikat juga merupakan hal penting yang dapat menentukan jumlah protein dan beberapa khasiat dari daging ayam potong yang diproduksi.

Yang sering dijadikan pilihan untuk memulai peluang usaha ternak ayam potong adalah jenis ayam broiler. Sebutan dari ayam broiler sendiri juga ayam ras pedaging karena jenis ayam ini adalah ras unggulan dari hasil persilangan dari bangsa-bangsa ayam yang memiliki daya produktivitas yang tinggi, terutama dalam memproduksi daging ayam. Untuk mencapai mutu genetic ayam yang baik perlu diperhatikan dari segi pakan yang berkualitas tinggi, perawatan ayam rutin sehingga kesehatan ayam terjamin, dan juga pencegahan penyakit untuk ayam ternak tersebut, serta kandang yang harus diawasi juga kebersihannya. Faktor lingkungan yang mendukunglah yang menjadikan mutu genetic ternak menjadi baik. Jika mutu genetic ayam sudah tercapai dalam kondisi baik, tentunya ayam akan berkualitas dan dapat bersaing di pasaran. Ayam broiler menjadi ternak yang ekonomis dibandingkan dengan ternak lain dikarenakan kecepatan produksi daging masuk dalam kategori yang relative cepat karena hanya 4-5 minggu saja anda sudah dapat memasarkan ayam potong tersebut, atau siap untuk dikonsumsi. Naiknya bobot badan yang tinggi dengan waktu yang relatif pendek, pakan ternak yang dibutuhkan juga sedikit, siap dipotong pada usia muda, serta menghasilkan kualitas daging berserat lunak menjadi andalan dari ayam potong jenis broiler ini. Hingga kini ayam broiler telah dikenal dan dipilih masyarakat Indonesia untuk peluang usaha baru ternak ayam potong sebagai ayam potong dengan banyak kelebihan. Hanya 5-6 minggu waktu ternak saja sudah bisa dipanen. Dengan waktu pemeliharaan yang singkat tersebut, tentu akan sangat menguntungkan dari segi pendapatan, sehingga banyak peternak baru atau peternak musiman yang bermunculan dengan memanfaatkan peluang ini.

Toko mesin solusindo menyediakan paket mesin khusus untuk pengolahan ayam potong, dimulai dari pencabutan bulu unggas sampai dengan tempat khusus untuk pemotongan ayam. Untuk mesin serta alat dari paket mesin pengolahan ayam potong ini terdiri dari : bleeding cone (penampungan darah ayam) , lalu meja eviscerasi atau meja pemotongan daging, lalu mesin poultry feather remover (pencabut bulu unggas) sebelum proses pemotongan dilakukan, lalu mesin scalder atau sebutan untuk mesin perebus daging ayam , lalu bak pencucian ayam potong, lalu yang terakhir yaitu bak perendaman es khusus untuk ayam potong. Mesin dan alat pengolahan ayam potong ini adalah jenis mesin lokal buatan bengkel toko mesin solusindo yang terjamin mutu dan juga kualitasnya. Body mesin terbuat dari stainless steel yang akan menjaga kebersihan dari bahan yang diolah, serta mesin dan alat akan awet dalam jangka waktu yang lama. Proses pembersihan mesin dan alat pun mudah, karena bahan mesin dari stainless steel yang tidak susah untuk membersihkan kotoran-kotoran yang menempel pada mesin. Paket mesin pengolahan ayam potong sudah terjual di berbagai daerah di Indonesia untuk pengusaha baru yang membutuhkan alat dan juga mesin untuk pengolahan ayam yang siap potong dari awal sampai dengan proses pencucian sebelum dijual ke pasaran. Untuk kapasitas produksi dari paket mesin olah ayam potong dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna mesin, sehingga jika anda menginginkan mesin dan alat ayam potong dengan kapasitas produksi yang besar anda hanya tinggal menghubungi kami, untuk memberitahukan seberapa besar kapasitas produksi yang anda inginkan. Dibawah ini akan dijelaskan secara rinci kinerja mesin dan juga beberapa keterangan dari paket mesin olah ayam potong untuk kebutuhan anda dalam mengolah ayam dari awal proses pemotongan sampai dengan dijual ke pasaran.

Bleeding Cone (Wadah darah pemotongan ayam)
alat-penampung-darah-ayam-potong

Alat ini digunakan untuk wadah penampungan darah saat proses sembelih ayam dilakukan. Tentunya anda tidak menginginkan darah ayam yang tercecer kemana-mana karena darah sendiri sangat sulit dibersihkan jika sudah menempel lantai. Untuk hal tersebut dalam paket mesin pemotongan ayam kami menyediakan wadah darah khusus sehingga anda tidak perlu khawatir untuk menampung darah ayam potong karena dengan bleeding cone ayam potong kami, anda dapat menampung darah ayam dengan rapi. Cone dari alat sendiri mudah untuk dilepas pasang, sehingga lebih mudah untuk anda dalam proses pembuangan darah ayam, membersihkan bleeding cone untuk digunakan dalam proses selanjutnya, dan juga dipasang kembali untuk memulai lagi proses pemotongan. Keterangan mengenai alat bleeding cone ini, kaki dari alat dari pipa stainless steel sehingga kuat untuk menopang meja dan bleeding cone diatasnya. Lalu terdapat plat allumunium untuk bleeding through atau tempat untuk jaga jaga jika terdapat darah yang jatuh tercecer diluar bleeding cone. Sedangkan cone penampung darah sendiri dari allumunium, untuk permintaan khusus kami juga bersedia untuk mengganti bahan bleeding through dan juga cone agar terbuat pula dari stainless steel. Untuk jumlah cone sendiri menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna paket mesin olah ayam potong.

Mesin Scalder (Tempat perebusan ayam)
mesin-perebusan-ayam-potong

Setelah kami menyediakan bleeding cone untuk kebutuhan ayam potong, lalu kami juga menyediakan mesin scalder atau sebutan untuk tempat perebusan ayam, yang berfungsi untuk memudahkan pengguna sebelum proses pencabutan bulu ayam. Mesin scalder ayam dengan wadah yang cukup besar sehingga dapat digunakan untuk merebus beberapa ayam sekaligus, dengan suhu tinggi agar bulu dari ayam setelah proses perebusan akan mudah lepas dan juga mudah rontok. Burner dibawah bak perebusan sehingga panas dari burner langsung menuju wadah, sehingga tidak membutuhkan waktu lama untuk proses perebusan menggunakan alat scalder ayam kami. Terdapat tuas khusus untuk memudahkan pengguna mesin untuk mengambil ayam potong yang telah selesai direbus. Dan tuas tersebut berguna untuk memisahkan antara ayam satu dengan lainnya agar terhindar dari menempel satu dengan lainnya, dan juga proses perebusan akan merata ke seluruh bagian dari ayam potong. Bak air, pengaduk, serta hopper dari mesin scalder atau mesin perebus ayam potong terbuat dari stainless steel. Sangat mudah untuk membersihkan mesin ini setelah digunakan.Tersedia kran khusus untuk proses drain atau mengeringkan isi air dari wadah perebusan. Proses scalder atau perebusan sangat penting dalam proses pemotongan ayam potong dikarenakan sebelum ayam dipotong beberapa bagian, harus bebas dari bulu ayam. Sehingga sebelum proses pencabutan bulu ayam, ayam potong direbus terlebih dahulu. Perlengkapan untuk mesin rebus ayam potong ini terdiri dari : transmisi mesin yaitu gear dan juga rantai, burner atau kompor gas tipe besar, dan juga drainase atau tempat keluarnya air.

Mesin Poultry Feather Remover (Pencabut Bulu Ayam Potong)
alat-pencabut-bulu-ayam

Mesin cabut bulu ayam atau mesin poultry feather remover bekerja cepat untuk mencabut bulu dari tubuh ayam potong sampai bersih untuk proses pemotongan ayam. Dengan wadah yang besar, dapat menampung beberapa ayam sekaligus sehingga proses pencabutan bulu ayam potong pun akan lebih cepat dan lebih efisien. Jika dihitung dalam kilogram, mesin poultry dapat menampung sampai dengan 15 Kg bahan atau setara sampai dengan 10 potong ayam. Penggerak mesin menggunakan motor listrik sehingga proses pemutaran pun akan cepat, dan bulu ayam potong pun akan cepat tercabut. Sedangkan di bagian pinggi mesin telah terpasang karet atau disebut dengan plucking finger yang akan berfungsi sebagai perekat untuk bulu ayam. Ayam potong yang telah direbus akan lebih mudah untuk terkelupas bulunya dikarenakan bulu ayam akan lebih mudah lengket ke karet atau plucking finger. Roller atau pemutar akan berputar dengan kecepatan sampai dengan 185 rpm atau 185 putaran per menitnya. Untuk proses pencabutan bulu menggunakan mesin cabut bulu ayam dari Toko mesin solusindo anda hanya membutuhkan waktu sekitar 3-5 menit saja, anda sudah mendapatkan ayam potong tanpa bulu dengan badan ayam potong yang bersih. Mesin poultry ini juga merupakan mesin pelengkap untuk proses pengolahan ayam potong dari awal sampai dengan dijualnya daging ayam. Mesin import yang sudah teruji kualitas dan juga mutunya untuk mengolah bahan yaitu ayam potong sehingga dari berbulu lebat menjadi bersih total. Untuk body dari mesin serta kelengkapan dari mesin adalah sebagai berikut. Tube atau tabung terbuat dari stainless steel, begitu pula dengan casing mesinnya. Penggerak mesin menggunakan electro motor dengan HP menyesuaikan dengan kapasitas produksinya. Membutuhkan pulley dan juga vbelt akan akan disediakan pula saat mesin akan digunakan. Untuk plucking disc atau dasar dari tabung untuk proses pemutaran dalam pencabutan bulu terbuat dari stainless steel.

Drum Washing (Bak Pencucian Ayam Potong)
tempat-pencucian-ayam-potong

Lalu untuk mesin selanjutnya adalah mesin drum washing yang berfungsi untuk mencuci ayam potong setelah proses pencabutan bulu dengan menggunakan poultry feather remover atau pencabut bulu ayam. Ayam potong yang telah hilang bulunya harus dicuci terlebih dahulu dikarenakan tubuh dari ayam potong bisa saja masih tertempel kotoran, atau untuk benar benar memastikan bahwa ayam potong akan benar benar bersih sebelum diolah ke tahap selanjutnya. Wadah dalam mesin drum washing dapat menampung sampai dengan beberapa ekor ayam potong sekaligus sehingga proses pencucian atau pembersihan daging ayam potong akan lebih cepat dan pengolahan pun akan lebih efisien. Ayam potong yang telah tercabut bulunya tentu harus dibersihkan terlebih dahulu dikarenakan bulu-bulu halus masih ada yang menempel dan tidak tercabut sepenuhnya oleh mesin dikarenakan kecilnya bulu atau di tempat yang tidak bisa terjangkau oleh mesin. Setelah proses pencucian selesai, ayam potong sudah siap untuk diolah seperti dipotong kecil-kecil, atau tersedia utuh sesuai dengan keinginan konsumen. Keterangan bahan untuk mesin bak pencucian adalah seperti berikut : Body mesin seluruhnya dari stainless steel, mulai dari kaki penyangga yang menggunakan pipa stainless, sampai dengan bak cucinya juga menggunakan bahan yang sama. Terdapat drainase untuk pembuangan air bekas pencucian, dan tersedia 2 kran untuk pencucian secara bersamaan. Kapasitas produksi untuk bak pencucian ini dapat disesuaikan dengan keinginan pengguna, sehingga kami, toko mesin solusindo siap menerima permintaan khusus anda dalam menentukan kapasitas produksi mesin tertentu.

 Drum Chiller (Bak perendaman Es untuk ayam potong)

Untuk alat atau mesin selanjutnya dari paket mesin ayam potong adalah mesin Drum chiller atau bak perendaman es khusus yang digunakan untuk ayam potong. Setelah proses pencabutan bulu ayam potong dan pencucian telah selesai, bak perendaman ini digunakan untuk menaruh ayam yang telah selesai diolah, dan akan menunggu proses berikutnya seperti pemotongan bagian tubuh ayam potong kecil kecil atau langsung siap untuk dikirim. Bak perendaman diisi dengan es batu sehingga menjadikan daging ayam berwarna segar dan tentu akan meningkatkan minat pembeli daging ayam potong. Waktu yang diperlukan untuk perendaman adalah beragam, menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna paket mesin. Wadah dari bak perendaman es khusus daging ayam potong ini cukup besar, dan lebih besar daripada mesin drum washing atau bak pencucian sehingga dapat menampung ayam potong jauh lebih banyak dibandingkan dengan bak pencucian. Dengan merendam daging ayam potong ke dalam es batu, akan menjaga kesegaran daging, dan juga akan menjaga keawetam dari ayam potong itu sendiri.Perendaman ayam potong juga merupakan langkah penting dalam pengolahan ayam potong karena untuk menjaga kualitas ayam potong juga dibutuhkan perendaman es terlebih dahulu.Untuk keterangan pada mesin bak perendaman es adalah sebagai berikut : Bak perendaman khusus ayam potong dengan terbuat dari stainless steel, sedangkan kaki peyangga dari bak menggunakan bahan dari pipa stainless steel. Tersedia drainase untuk pembuangan air bekas perendaman. Mesin juga sangat mudah untuk dibersihkan dan juga awet dalam jangka waktu yang lama. Dengan paket mesin ayam potong dari toko mesin solusindo, tentu akan menunjang usaha anda dalam pengolahan ayam potong dengan hasil pengolahan yang maksimal dan memuaskan.

Meja Eviscerasi (Meja khusus pemotongan ayam)
meja-pemotongan-ayam-potong

Untuk alat dan mesin kelengkapan dari paket mesin ayam potong yang terakhir adalah meja eviscerasi atau meja tempat pemotongan daging ayam potong. Untuk usaha tingkat kecil yang masih membutuhkan kinerja manual dalam pemotongan bagian tubuh dari ayam potong, meja eviscerasi ini sangatlah dibutuhkan dikarenakan membutuhkan tempat khusus untuk pemotongan bagian dari ayam potong. Setelah daging ayam potong direndam dalam es, proses pemotongan pun siap sehingga ayam yang akan dipotong beberapa bagian atau tetap dengan bentuk utuh sudah siap untuk dipasarkan. Kapasitas penampungan daging ayam potong yang dapat diolah di meja pemotongan khusus ini menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna mesin, seperti contoh jika anda membutuhkan meja pemotongan dengan 4 – 5 orang yang mengoperasikan, maka panjang dan lebar meja pemotongan pun dapat dibuat sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Meja kerja pada usaha pemotongan ayam potong ini adalah alat yang sangat penting dikarenakan inti dari pengolahan ayam potong adalah bagaimana penyajian akhir dari ayam potong yang akan dijual ke pasaran, apakah dalam bentuk utuh, atau sudah siap dengan memotong di beberapa bagian tertentu. Seperti contoh untuk pasar dalam skala besar seperti restoran, rumah makan dan hotel, tidak memerlukan beberapa bagian dari daging ayam potong seperti bagian kaki, dan juga kepala, sehingga dibutuhkan olahan khusus atau pemotongan bagian tubuh ayam potong terlebih dahulu sebelum dikirim ke konsumen. Keterangan dari meja eviscerasi atau meja khusus pemotongan ayam potong adalah sebagai berikut : Platform dari meja terbuat dari stainless steel sedangkan kaki dari meja terbuat dari pipa stainless steel. Dimensi dari meja dapat menyesuaikan dari kebutuhan pengguna paket mesin pengolahan ayam potong.

Paket mesin pengolah ayam potong berjumlah 6 buah alat dan juga mesin, dari proses pengolahan awal sampai dengan pengolahan akhir dengan hasil ayam potong yang bersih siap untuk dipasarkan. Sangat cocok untuk memulai usaha baru dalam bidang pengolahan ayam potong, atau menjadi alat yang menunjang usaha yang sudah anda jalankan. Toko mesin solusindo selalu siap siaga untuk menerima pertanyaan dari pelanggan mengenai paket mesin pengolah ayam potong ini. Teknisi kami juga siap siaga untuk mengunjungi tempat anda jika anda mengalami kesulitan dalam mengoperasikan mesin. Untuk teknisi kami, akan menjelaskan pula tata cara penggunaan mesin dan alat, juga bagaimana cara untuk menjaga agar mesin dan alat tetap awet dalam jangka waktu yang lama. Teknisi toko mesin solusindo sudah mengunjungi berbagai daerah di Indonesia, sehingga akan selalu siap menuju tempat anda kapanpun yang anda inginkan. Untuk bertanya mengenai kapasitas produksi dari paket mesin pengolahan ayam potong kami, anda dapat langsung menghubungi hotline service kami, atau menghubungi kami melalui email, agar anda mendapatkan penawaran harga mesin serta kapasitas produksi yang anda inginkan. Paket mesin pemotongan ayam potong ini sudah terjual ke berbagai daerah di Indonesia, dan juga untuk anda pengusaha yang akan memulai di bidang pengolahan ayam potong, untuk kesuksesan bisnis anda. Jangan ragu ragu lagi untuk menjadikan kami mitra bisnis anda, mesin dari toko mesin solusindo sudah teruji mutu dan juga kualitasnya, untuk bisnis anda berjalan lancar dan juga meraup keuntungan yang menjanjikan. Selain menyediakan alat dan mesin pengolahan ayam potong, toko mesin solusindo juga menyediakan mesin pengolahan ternak ayam seperti mesin penetas telur , teropong telur , dengan sistem semi otomatis dan juga full otomatis. Sedangkan untuk pengolahan daging ayam, pemotong daging ayam, meat slicer, dan masih banyak lagi mesin pengolahan daging lainnya. Segera kunjungi website kami atau kunjungi showroom kami dengan alamat yang sudah tertera pada website kami.


Demikian penjabaran serta penjelasan dari kami mengenai Peluang Usaha Pengolahan Ayam Potong. Dimulai dari pembahasan mengenai ternak ayam potong, pembahasan selanjutnya mengenai bisnis usaha kecil menengah (UKM) di bidang peternakan, khususnya mengenai pengolahan ayam potong. Semoga informasi yang kami berikan ini dapat memberikan manfaat serta motivasi bagi anda dalam memulai suatu usaha UKM maupun untuk mengembangkan usaha anda dalam bidang produksi di berbagai bidang tersebut. Apabila anda masih memiliki pertanyaan seputar mesin-mesin yang akan anda butuhkan, jangan segan – segan untuk menghubungi kami dan berkonsultasi dengan kami karena kami akan selalu siap membantu anda demi kesuksesan usaha anda. Didalam setiap perkembangan teknologi yang kami berikan, kami selalu bekerja secara professional, kreatif, inovatif dan selalu mendedikasikan diri kepada bangsa dan masyarakat Indonesia pada umumnya agar dapat berkarya secara maksimal dan lebih mencintai produk – produk Indonesia demi kesejahteraan masyarakat dengan ber wirausaha. Jangan takut untuk memulai usaha dengan kami sebagai mitra bisnis anda, karena kami akan selalu memberikan pelayanan terbaik untuk mesin-mesin yang anda butuhkan.

Toko Mesin Solusindo adalah salah satu perusahaan yang berlokasi di Malang Jawa Timur yang bergerak di bidang produksi mesin dan supplier mesin dengan berbagai macam kebutuhan mesin anda mulai dari mesin pendingin seperti mesin pembuat es tube, mesin cetak es balok, ruangan pendingin atau biasa disebut cold room maupun cold storage, ada juga mesin pengolahan makanan seperti mesin pembuat abon ikan dan daging, mesin pembuat keripik buah atau vaccum frying, mesin pembuat bawang goreng, mesin pembuat dodol atau jenang dll. Toko mesin solusindo juga menyediakan mesin pertanian, mesin teknologi tepat guna, mesin pengemas dan masih banyak mesin – mesin yang lainnya yang bisa kami sediakan untuk menunjang kesuksesan usaha anda. Kami menyediakan berbagai macam mesin untuk kebutuhan usaha anda mulai dari usaha skala home industri, usaha kecil dan menengah, maupun skala industri. Toko mesin solusindo akan selalu siap membantu anda dalam memulai suatu usaha atau dalam pengembangan usaha anda dengan menyediakan berbagai macam mesin untuk menunjang usaha dengan berbagai macam kapasitas mesin yang dibutuhkan dan dapat disesuaikan dengan permintaan anda atau mesin custom, serta dapat disesuaikan dengan dana anda. 

Hal-hal yang melatar belakangi berdirinya Toko Mesin Solusindo adalah karena mengingat kebutuhan konsumen akan mesin teknologi tepat guna belakangan ini sangat diperlukan bagi semua pelaku usaha, mulai dari usaha perorangan, usaha home industry, maupun usaha kecil dan menengah atau UKM. Kami juga turut berpartisipasi dalam mendukung program pembangunan pemerintah dalam bidang sumber daya manusia yang mandiri, kreatif dan produktif dalam ber wirausaha. Kami juga akan terus mendukung program bantuan pemerintah dalam bidang tersebut agar tercipta masyarakat yang mandiri dan sejahtera, dan kami pun akan selalu meningkatkan inovasi serta kreatifitas kami demi terpenuhi nya kebutuhan – kebutuhan akan alat maupun mesin untuk menunjang kinerja produktifitas para masyarakat pelaku usaha. Dengan selalu memprioritaskan pada kesejahteraan masyarakat, kami pun mendedikasikan diri kepada bangsa dan masyarakat Indonesia untuk selalu memberikan inovasi yang terbaik demi terciptanya masyarakat yang mandiri dan sejahtera dengan ber wirausaha.

Anda kebingungan untuk mencari mesin apa yang cocok untuk memulai usaha anda? Kami mempunyai business consultant yang selalu siap untuk berdiskusi, bertukar pikiran, dan memberikan anda saran untuk mesin apakah yang cocok untuk kebutuhan usaha anda. Anda tidak perlu bingung untuk mencari mesin yang tepat, tetapi kamilah yang selalu siap untuk memandu anda dalam menentukan mesin yang anda butuhkan dengan hasil yang efektif.
Anda kebingungan untuk mengoperasikan mesin yang sudah anda beli? Kami siap untuk mengirim teknisi kami ke tempat anda untuk menjelaskan tata cara penggunaan mesin sampai dengan tata cara untuk merawat mesin agar awet dan juga bekerja secara maksimal. Mulai daerah sabang sampai merauke, teknisi akan siap kami luncurkan untuk support mesin anda dari awal penggunaan sampai dengan hasil mesin sesuai fungsinya. Kami siap untuk menjadi konsultan bisnis anda dalam menentukan mesin apakah yang cocok untuk usaha baru yang akan anda geluti, dan juga alat pendukung apa yang dapat kami buatkan untuk mensukseskan usaha anda. Hotline service kami akan selalu siap sedia untuk anda jika ada kebutuhan yang ditujukan untuk mesin yang anda gunakan, atau untuk kebutuhan usaha anda yang baru, atau untuk menambah mesin untuk ekspansi usaha anda.

VISI
Menjadi perusahaan yang dapat dipercaya dan terkemuka dalam mengembangkan inovasi mesin teknologi tepat guna demi terciptanya sumber daya masyarakat yang mandiri dan sejahtera dalam ber wirausaha.

MISI
Selalu mengembangkan inovasi dan kreatifitas serta profesionalisme kerja dalam menciptakan dan mendesign mesin teknologi tepat guna demi meningkatkan produktifitas dan kesuksesan usaha masyarakat dalam ber wirausaha mandiri.

Untuk penjelasan lebih detail mengenai spesifikasi mesin dan harga mesin untuk segala kebutuhan mesin anda dengan penawaran harga terbaik silahkan menghubungi hotline service kami. Atau isikan dalam kolom komentar website kami untuk menginfokan mesin apa yang anda butuhkan beserta dengan kapasitasnya, kami akan mengirimkan lewat email kebutuhan yang anda butuhkan. Kami menyediakan mesin lokal dan juga mesin import dengan kualitas mesin terjamin dan harga mesin yang sesuai dengan budget anda. Mesin bergaransi dan juga tersedia spare part atau beberapa bagian mesin khusus yang dapat diganti. 90% mesin lokal kami dibuat dari body mesin stainless steel untuk menjaga keawetan dari mesin, ekfektifitas produksi, dan juga kemanan untuk pengolahan makanan dan minuman.

Salam Sukses
TOKO MESIN SOLUSINDO

We Serve:

Mesin Ice Maker, Cold Room, Freezer, Chiller, Mesin Pengolahan Daging, Mesin Pengolahan Ikan, Mesin Industrial, Mesin Pengolahan Makanan, Mesin Pengolahan Minuman, Mesin Pengolahan Roti, Perlengkapan Restoran & Hotel, Mesin Destilasi, Mesin Pengolahan Minyak Kelapa (VCO), Mesin Pengolahan Kompos, Mesin Pakan Ternak, Diesel, Mesin Cetak Batako, Mesin Cetak Paving, Mesin Cetak Bata Merah, Pompa Air, Mesin Cetak Bakso, Mesin Bor Tanah, Mesin Pengolahan Padi, Mesin Pengolahan Kopi, Mesin Pengering, Mesin Pengemas, Etc. (Menerima Pengerjaan Tender Diseluruh Indonesia).

Lebih baru Lebih lama